Jumat, 16 Agustus 2013

Profilku : Awali dengan Semangat Pagi

Semangat Pagi !!

Bangun tidur adalah sebuah kegiatan yang bisa dibilang menjadi salah satu rutinitas pergerakan anggota tubuh kita setiap hari. Bangun tidur bisa membuat kita marah, tersenyum, gembira, bermalas - malasan, penuh semangat, bahkan sama sekali tidak memiliki gairah menyambut pagi dan rezeki yang sudah disiapkan oleh Allah kepada kita sebagai salah satu makhluk hidup.

Bagi kita yang beragama Islam,  sudah menjadi kewajiban kita harus bangun antara pukul 04.15 - 05.00 untuk melakukan sholat Subuh sesuai jadwal sholat subuh yang berlaku. Kita diwajibkan untuk bertemu dengan air yang insyaallah mampu memberikan sentuhan kesegaran agar bisa melaksanakan ibadah sholat dengan khusyu. Atau siapapun anda yang memang sudah mengatur jam wekernya untuk bangun pagi dan siap untuk memulai aktifitas kehidupan. Semua oranga memiliki rencana masing - masing untuk mengatur waktu bangun pagi, ada yang ingin beribadah, sudah menjadi kebiasaan, bertemu dengan orang lain, mencegah kemacetan, berangkat kerja, dan lain - lain. Insyaallah semua rencana yang kita siapkan akan mendapatkan keberkahan dariNya.

Saya selalu mendapat nasehat dari kedua orang tua saya bahwa jangan pernah mengawali pagi harimu dengan cemberut alias tidak bergairah, karena akan berdampak negatif dengan seluruh aktifitas sampai ketemu waktu tidur kembali. Nasehat ini saya rasakan dan alami memang betul - betul terjadi, hingga saya punya beberapa cara untuk mengendalikan emosi ketika bangun pagi.

Pertama, ketika saya bangun pagi dengan semangat positif, insyaallah semua kegatan, prilaku, rencana, keberhasilan, bahkan kegagalan saya hadapi dengan positif dan penuh semangat, karena itu semua adalah warna yang disiapkan olehNya dan memang harus saya lalui.

Kedua, ketika bangun pagi tidak diawali dengan semangat baik karena sengaja maupun karena terlupa untuk bersyukur, saya secepat mungkin intropeksi diri untuk sadar dan kembali pada cara yang pertama  .

Ketiga, ketika terbangun pagi hari bahkan sebelum tertidur sudah mendapatkan cobaan kesehatan, kembali pada cara yang pertama, dan diikuti usaha untuk menyembuhkan baik melalui doa, kekuatan positif dari diri sendiri, dan bantuan orang lain ( dokter, bidan, mantri, dll )

Berapapun banyak alasan kehidupan yang membuat kita masuk dalam perjalanan suka dan duka kehidupan,  saya insyaallah selalu kembali pada cara yang pertama. Bersyukur masih melalui cobaan dan keberkahan dari Allah karena tidak ada yang bisa  disombongkan dari sebuah anggota tubuh yang hanya berumur sementara di dunia. Semua proses kehidupan membuat saya lebih dewasa untuk memaknai setiap kejadian, karena di balik sebuah kejadian, ada "Rahasia"  dariNya yang sama sekali tidak kita ketahui. Bisa saja setelah kita tertawa selanjutnya kita lebih ceria, kita tertawa selanjutnya kita bersedih, kita bersedih selanjutnya kita berduka, kita bersedih selanjutnya kita bahagia, dan semuanya hanya Allah yang tahu.

Saya adalah manusia biasa , tidak sempurna dan  selalu memohon doa dan pengampunanNya. Hanya saja setiap kejadian yang saya lalui dan itu memancing emosi untuk berbuat negatif, iman yang secara spontanitas untuk memberikan rangsangan kepada sifat sabar saya untuk mensyukuri dan menghadapinya dengan hati dan pikiran yang jernih. Jangan kita kotori hati dan pikiran kita sebagai alasan untuk bertindak yang berujung pada penyesalan. Insyaallah disetiap sesi training saya tidak pernah bosan menginspirasikan dan menjadi salah satu Tag Line saya harus mengawali dengan " Semangat Pagi" meskipun itu pada waktu  pagi, siang, sore, malam, sibuk, sakit, gembira, bersedih, bahkan hal tersulit sekalipun yang dialami. Mari kita perbanyak ibadah kita agar mengasah dan menguatkan iman kita mejadi pribadi yang penuh semangat dan positif.

Janganlah sampai terlupa, di dunia masih terbuka lebar "Lowongan" sebagai manusia - manusia positif yang penuh semangat dalam menjalani hidup yang mampu memberikan manfaat positif  kepada orang lain dimanapun berada.
So... ayo awali dengan Semangat Pagi....!!

Salam Semangat Pagi.




Tidak ada komentar: