Selasa, 20 Agustus 2013

Profilku :Berpikir dan Prilaku Positif

Semangat Pagi !!

Be a Positive Human !!

Adalah salah satu Tagline  di setiap sesi Training maupun Motivasi saya selama ini. Saya sangat konsen sekali dengan hal - hal positif baik dari diri sendiri maupun orang lain. Belajar positif kehidupan tidak selalu dari manusia, bahkan kita wajib belajar dari Tuhan Yang Maha Esa, orang tua, tumbuhan, hewan, bahkan aktifitas alam. Coba kita ambil contoh positif bagaimana peran air, ketika air berjumlah sedikit sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup, seperti untuk minum, menyuburkan tumbuhan, mandi, berwudhu, dan lain - lain. Apakah air bisa menjadi negatif ? Jawabannya sangat bisa, ketika prilaku makhluk hidup yang tidak mensyukuri dan menjaga kelestarian air dengan membuang sampah sembarangan, mencemari kebersihan air, dan hal negatif lainnya,  alam pun akan "Marah" yang berakibat bencana bagi makhluk hidup. 

Selayaknya kita sebagai umat manusia sudah tidak ada kata terlambat untuk memulai dari diri sendiri untuk berpikir dan berprilaku positif. Berprilaku positif tidak mengenal usia, waktu, tempat, keadaan, dan lain - lain. Berprilaku positif sudah harus bisa menjadi salah satu "Parameter" kita dalam berpikir dan bertindak. Bisakah orang dewasa belajar hal positif dari seorang anak balita ? Jawabannya bisa, ketika seorang anak balita memiliki prilaku positif dengan "menawarkan makanan yang ada di tangannya kepada kita," dapat menjadi contoh buat kita yang sudah dewasa jika memiliki rezeki lebih alangkah baiknya kita  memposisikan tangan kita di atas untuk berbagi dengan sesama yang kurang mampu. Bisakah seorang direktur hebat belajar dari seorang cleaning service ? Sangat bisa, ketika seorang cleaning service menyapa dengan sepenuh hati, tersenyum dan sopan santun, dapat menjadi contoh positif bagi seorang direktur dengan jabatan yang sangat strategis tersebut tidak meninggalkan tutur sapa yang sopan dan santun kepada seluruh karyawan tanpa memandang posisi dan jabatan.

Bagaimana teknik memulai prilaku positif ? Berikut adalah dasar saya berpikir dan berprilaku positif:

Teknik mendekatkan diri kepadaNya, adalah selalu mengevaluasi diri bahwa kita adalah manusia biasa yang hanya hidup sementara di dunia, Allah tidak pernah memberikan hal negatif kepada seluruh makhluk  hidup, maka dari itu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepadaNya, memohon doa dan petunjukNya, sehingga kita mampu belajar dan menjadi manusia positif yang menaburkan kebaikan seperti Allah menaburkan kebaikan kepada makhluk hidup.

Pertama, Teknik berbakti kepada orang tua, adalah selalu mengevaluasi seluruh kasih sayang dan pengabdian kita kepada kedua orang tua, bukan untuk membalas budi mereka, akan tetapi memberikan kasih sayang yang terbaik dari seorang anak, perhatian, menghormati dan menghargai mereka dan tidak pernah bosan untuk mendoakan mereka baik ketika di dunia maupun ketika ajal sudah menjemput. Sehingga sangat berpengaruh pada prilaku kita untuk selalu menyayangi sesama manusia karena orang lain pun pasti memiliki anak atau orang tua yang  hampir sama seperti kasih sayang yang kita lakukan.

Kedua, Teknik Belajar dari Makhluk lain  (sesama manusia, tumbuhan , hewan dan alam) , adalah selalu mengevaluasi pengorbanan, perjuangan, prinsip positif yang kita alami dan ketahui dari makhluk lain selama kita masih diberikan kesehatan. Hal ini sangat memberikan kita gambaran dan pandangan bahwa tidak semua makhluk hidup memiliki sisi negatif, bahkan bencana sekalipun selayaknya kita ditekankan untuk tetap berpikir positif. Karena semua hal yang terjadi di dunia adalah kehendakNya, komunikasi dan proses kehidupan memberikan makna positif agar saling mengisi satu sama lain, bukan menghancurkan dan merusak hubungan yang selayaknya kita bina dengan hati nurani  yang bersih. Kita harus tetap memiliki salah satu prinsip yaitu "sebab akibat," karena semua kejadian berawal dari penyebabnya dan berujung pada akibat. Jika penyebabnya negatif akan berakibat negatif, dan begitu juga sebaliknya.

Ketiga, Teknik Evaluasi Diri adalah salah satu tantangan bagi kita sebagai manusia untuk menyempatkan diri melakukan evaluasi dari seluruh proses kehidupan yang kita lalui. Setiap pengalaman hal negatif yang kita lakukan terdahulu, sebaiknya kita melakukan evaluasi diri dengan bertaubat untuk tidak mengulanginya. Bagaimana jika masih ada kesempatan yang memancing kita untuk melakukan perbuatan negatif yang sama ? Jawabannya adalah Hindari dan Jauhkan diri kita dari hal negatif yang menjerumuskan dalam penyesalan baik di dunia apalagi akhirat. Perbaiki pikiran, sikap, prilaku, tata bicara, dan ikhlaskan dari dalam hati agar kita diberikan kekuatan iman untuk mampu menggerakkan motor positif yang ada pada diri kita agar mengutamakan kebaikan sebagai salah satu amunisi utama kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

Alhamdulillah selayaknya kita bersyukur masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk mengevaluasi diri bertaubat dan menaburkan kebaikan di dunia. Berpikir dan berprilaku positif sebagai salah satu jalan yang insyaAllah membawa kita menuju kebahagiaan. Jangan pernah bosan untuk menegur diri sendiri jika kita pernah dan masih terbawa dengan aroma wangi hal negatif.
Silahkan coba dari hal yang paling sederhana, teknik diatas adalah salah satu contoh  positif yang bisa kita ambil makna dan manfaat untuk merubah kita menjadi pribadi yang lebih positif. Teknik berpikir dan berprilaku positif  saya, sudah saya sharingkan, dan mudah - mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Ayo tuliskan di dalam proposal hidup anda bagaimana teknik positif anda.....lalu.... Do it .....

Salam Semangat Pagi.


Tidak ada komentar: