Selasa, 13 Agustus 2013

Profilku : Otomotif - Retailer - Trainer - Motivator

Semangat Pagi !!

Alhamdulillah hari ini masih diberikan kenikmatan hidup dari Allah SWT yang memberikan saya kesempatan untuk menulis di blog positif ini.

Memiliki background sekolah otomotif, rasanya saya ingin membuka sebuah bengkel untuk melanjutkan karir di bidang teknik. Tetapi manusia adalah hanya sebagai pelaksana, dan Allah yang menentukan. Pada tahun 2002 saya diberi amanah sebagai pramuniaga di sebuah perusahaan retail di Tangerang. Prinsip pelayanan dan pengelolaan toko adalah salah satu tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Sangat berbeda sekali dengan jurusan sekolah menengah kejuruan yang saya pelajari, kalau bisa dibilang "Ngga Nyambung."

Merantau ke kota Megapolitan bukan hal yang gampang, apalagi kita tidak memiliki skill dan kemampuan akan sangat sulit untuk bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan. Retail adalah amanah yang diberikan oleh Allah untuk saya pelajari dan kerjakan dengan ikhlas. Alhamdulillah saya berkarir di operasional retail selama 7 tahun. Sehingga saya pun lulus tes untuk bergabung dengan tim Training Center masih di perusahaan yang sama.

Saya banyak mengerjakan program, ADDIE, evaluasi, material, dan menjadi eksekutor pada setiap sesi pelatihan. Disamping itu saya selalu menyimpan  materi - materi yang "Berisi" semenjak saya kuliah sambil kerja di Universitas Mercu Buana (2003 - 2007). Penggabungan dari beberapa literatur, wawancara, dan pengalaman orang lain, memberikan saya bekal positif untuk dapat mengamanahkan ilmu tersebut kepada orang lain di setiap sesi training yang saya sampaikan.

Dua tahun saya meniti karir di Retail Training Center, saya mencatat sebuah benang merah prilaku positif yang mampu melejitkan karir dan relationship seorang karyawan. Seperti apakah benang merahnya ? Nanti akan saya bahas pada tulisan selanjutnya. Tepat bulan Maret 2011 saya bergabung dengan salah satu perusahaan perkebunan di Jakarta dengan lahan perkebunan di Kalimantan Timur. Tantangan baru yang sangat berbeda dengan dunia retail yang saya kejakan 9 tahun sebelumnya.

Perjalanan hidup saya lalui dengan pikiran dan prilaku positif, apalagi saya harus menempuh perjalanan hingga pelosok hutan dengan tingkat kehidupan yang sangat jauh dari budaya kehidupan di kota. Saya harus mengajar beralaskan tikar dan beratapkan terpal,  masih banyak peserta yang tidak bisa baca tulis, dan banyak hal yang membuat saya harus bekerja keras dan kreatif dalam menyampaikan materi pada setiap sesi training yang saya berikan. Apa benang merah dari setiap proses kehidupan yang saya dapatkan ? Saya banyak sekali menyampaikan materi motivasi. Saya dibantu beberapa rekan saya Aji, Adianto, Andi, Septian, Andika, Thian, Rizky, Efendi, Andrian, Ardiansyah, dan Bagus r yang hampir setiap sesi training memberikan support ilmu dan tenaganya. Mereka adalah sahabat dan saudara yang  pernah bekerja sama dan ikut  memberikan materi positif bagi orang lain.

Semenjak April 2011 hingga saat ini saya masih diberikan amanah untuk mengelola operasional training di perusahaan agribisnis perkebunan kelapa sawit tersebut. Support dan masukan dari beberapa Master Trainer , para sahabat Rekan Trainer serta  Motivator yang selalu melemparkan stimulus agar saya ikut berkiprah di dunia seni, training, dan motivasi. Dan alhamdulillah dengan keikhlasan hati saya "Siap" berjuang menyampaikan amanah "Training dan Motivasi Positif" agar setiap orang selalu memiliki "Semangat Pagi" sehingga mampu "Berpikir dan Berprilaku Positif" menuju pribadi yang lebih baik.

Saya yakin anda bahkan kita semua memiliki pengalaman yang cukup berharga sehingga kita semua bisa menjadi "Pribadi" seperti sekarang yang kita rasakan. Syukuri dan hadapi dengan hati yang bersih setiap proses kehidupan yang kita lalui, insyaallah akan mendapatkan keberkahanNya.

Terima kasih Allah SWT, istri dan anak - anakku, peserta positif, rekan - rekan trainer - motivator, rekan - rekan psikolog, tim entertaint,  dan semua sahabat, orang tua, handai tolan dan siapapun yang sudah mewarnai kehidupan positif saya.

Salam Semangat Pagi.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam Semangat Pagi...!!!

Wong Positif mengatakan...

Semangat Pagi andika. Terima kasih sudah berkunjung.