Minggu, 18 Agustus 2013

Profilku : Saya Seorang Pelayan

                                                                                      Semangat Pagi !!

Masih ingat tentang Proaktif yang pernah saya tulis ? InsyaAllah bagi pembaca setia pasti masih ingat di salah satu catatan profil saya. Saya sangat gembira dengan pembaca yang menyempatkan diri berkunjung di media komunikasi ini. Jiwa melayani atau biasa disebut dengan "Customer Service Oriented " adalah benang merah yang pernah saya janjikan di tulisan "Profilku". Melayani orang lain bukan hal yang gampang untuk dilakukan, dan bukan pula hal yang susah untuk dikerjakan.

Passion sangat berperan aktif disetiap orang yang memiliki jiwa positif untuk melayani. Siapapun yang tidak memiliki passion melayani, jika dtugaskan untuk mengerjakan pekerjaan "Pelayanan" akan sulit kita temukan tindakan prlayanan "Sepenuh Hati." Sebenarnya kita harus belajar dari pelayanan yang dilakukan oleh Allah kepada kita. Apalagi kita memiliki kedua orang tua yang pernah sepenuh hati dan tanpa pamrih melayani kita dengan kasih sayang.

Kita seharusnya tidak pantas mengatakan " saya harus dilayani" dan "orang lain harus melayani saya." Karena pada prinsipnya manusia dilahirkan untuk saling melayani satu dengan yang lainnya bahkan seperti rantai makanan. Sebagai contoh, seorang peternak ayam melayani penjual ayam, penjual ayam melayani pemilik toko ayam goreng, pemilik toko ayam goreng melayani tukang ojek, tukang ojek melayani ibu rumah tangga, ibu rumah tangga melayani keluarganya, dan seterusnya. Bahkan uang yang kita dapatkan pun dipergunakan untuk melayani diri kita sendiri dan orang lain.

Jiwa melayani ini memang alhamdulillah sudah melekat di pribadi saya. Saya selalu mengutamakan sesuatu yang saya kerjakan melebihi dari harapan orang lain. Karena prinsip saya semua pekerjaan yang saya lakukan baik buat diri sendiri, keluarga dan orang lain adalah semata - mata Ibadah kepadaNya. Dunia retail memang sangat memberikan pengalaman berharga yang merubah kepribadian saya menjadi seorang "Pelayan" bagi orang lain. Karena saya percaya bahwa kita tidak bisa hidup kalau tidak saling komunikasi dengan orang lain. Dan kita sebagai manusia harus berusaha tetap mengevaluasi diri agar meningkatkan keimanan, kemampuan berkomunikasi, dan menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain.

Bagaimana jika menemukan permasalahan ketika berinteraksi dengan orang lain ? Jangan pernah kita berpikiran untuk menghindari masalah. Justru sebaliknya kita dengan tegar menghadapai permasalahan diiringi oleh hati yang bersih. Menghasilkan sesuatu melebihi harapan orang lain memang tidak selamanya harus kita lakukan. Bukan hanya pada  hasil akhir saja kita dapat menilai sebuah pelayanan yang melebihi harapan, terkadang kita terlupa untuk menggunakan metode yang unik dan berbeda  dan lebih mengutamakan kepuasan orang lain ketika kita meleksanakan proses pelayanan tersebut.

Saya ambil contoh seorang tukang perbaikan keran, jika ada  konsumen yang meminta  untuk memperbaiki keran yang bocor, maka hasil akhirnya adalah keran tersebut tidak akan bocor lagi. Nah...ketika kita ingin memberikan pelayanan melebihi harapan, dapat melakukan beberapa sikap proaktif seperti : ketika berkomunikasi via telepon atau berbicara dengan konsumen dengan sopan dan santun, gestur tubuh yang tidak sombong, mengucapkan salam, menanyakan penyebab kerusakan, memberikan penyelesaian masalah dan teknis perbaikan dengan singkat, memberikan saran agar tidak terjadi lagi kerusakan, dan memberikan garansi dengan menanyakan keran yang sudah diperbaiki apakah masih bocor atau tidak. Beberapa cara tersebut akan meninggalkan kesan positif yang bernilai "lebih" bagi konsumen, Apa dampaknya ? Kepercayaan orang lain akan semakin meningkat insyaAllah rezeki akan semakin bertambah.

Strategi pelayanan tersebut  insyaAllah selalu saya sampaikan dan praktekkan kepada seluruh peserta disesi " Training Customer Service Oriented" yang saya berikan. Perpaduan antara " Semangat Pagi - Proaktif -Pelayanan Sepenuh Hati" itu adalah salah satu kunci keberhasilan saya yang  didapatkan dari pengalaman dan proses menjadi pribadi yang positif. Hati nurani saya bertekad untuk memberikan motivasi positif ini kepada orang lain. Semakin banyak orang yang berhati mulia,berprilaku positif yang memiliki semangat hidup, bersikap proaktif, dan selalu melayani sepenuh hati, saya yakin akan sangat banyak bahkan berlimpah kebaikan di dunia yang hanya kita lewati sementara saja.

Selanjutnya......Ayo...berbondong -bondonglah menuju kebaikan yang positif, saya siap memberikan pelayanan terbaik untuk anda.

Salam Semagat Pagi.

Tidak ada komentar: