Jumat, 20 September 2013

Positifku : Kita Bisa Menjadi Yang Terbaik



Semangat Pagi !!

Pernah memiliki kenangan  sebuah keberhasilan yang tidak terlupakan di masa lalu ? Apalagi anda pada saat itu berada pada sebuah puncak kemenangan anda ? Saya yakin semua orang memiliki masa – masa kejayaan pada masa lalu, atau apakah hingga saat ini masa kejayaan itu masih tetap terjaga dan tetap menuju puncak ? Atau sama sekali belum pernah merasakannya ?
Beberapa pertanyaan diatas saya sampaikan sebagai pembuka untuk memberikan semangat kepada kita semua bahwa tiada batasan waktu untuk kita bermalas – malasan melakukan evaluasi diri menuju pribadi yang positif. Disetiap keberhasilan yang kita raih sebenarnya secara sadar maupun tidak sadar ada 3 hal sederhana yang menjadi amunisi positif yang mengelilingi proses keberhasilan kita :

1.       1. Sepenuh Hati
Aktifitas sepenuh hati ini berawal dari lubuk hati yang paling dalam, dimana mulai dari setiap doa, tindakan, kebiasaan positif, evaluasi, dan perbaikan diri, kita lakukan dengan penuh keikhlasan dan benar – benar hanya mengharapkan RidhoNya. Semua yang kita lakukan sebagai sebuah nilai ibadah, dan sama persis ketika kita sedang menghadapNya untuk memohon ampun dan diberikan rahmat karuniaNya. Jadi jika anda pernah berhasil pada sebuah kegiatan  / kompetisi / mengalahkan egoisme / mencari pekerjaan / menikah / memiliki anak dan hal positif lainnya,  salah satunya karena anda “ sepenuh hati “ menjalankannya.

2.       2. Passion
Adalah semangat ataupun gairah yang timbul sangat menggebu  - gebu dari dalam diri kita. Hal ini bisa kita wujudkan dalam beberapa tindakan “ ego “ seperti : ketika kita mengerjakan sesuatu sama sekali tidak merasakan keluh kesah dari hati , proses demi proses dilewati dengan senyuman dan  kinerja seluruh bagian otak kita mengalirkan ide – ide dan pemikiran positif yang kemudian  dialirkan dengan bebas ke seluruh bagian tubuh kita. Hal ini membuat kita menjadi sangat nyaman dalam melakukan sesuatu. Mengerjakannya dengan tanpa beban, meskipun banyak hambatan yang dilalui tidak mempengaruhi optimisme yang sudah direncanakan.

3.       3. Komitmen
Mampu berjanji pada diri sendiri bahwa setiap pemikiran, ucapan dan tindakan yang dilakukan adalah sebuah keseriusan dan wajib untuk dilakukan jika ingin mendapatkan sebuah hasil yang memuaskan. Komitmen memperkuat  prilaku sepenuh hati dan passion.  Komitmen menjadi sebuah prosedur dan aturan main yang  ditetapkan sebelum melaksanakan sesuatu.

Ketiga hal di atas dapat saya katakan sebagai beberapa amunisi yang mampu membawa kita menjadi pribadi yang positif. Terkadang keberhasilan datang karena memang merupakan sebuah perjuangan  dengan jerih payah, akan tetapi bisa juga adalah karena keberuntungan. Namun keberuntungan yang dimaksud pasti ada musababnya sehingga Allah SWT memberikan kebaikan kepada kita. Saya penah menyampaikan bahwa orang yang beruntung adalah orang yang ketika mendapatkan peluang mampu mengambil sebuah tindakan positif  menjadi insan yang paling “siap” untuk meraihnya dibandingkan dengan orang lain.

Mari kita evaluasi diri, apakah ketiga hal di atas menjadi salah satu amunisi yang membawa kita untuk bisa menjadi yang terbaik di setiap pengalaman berharga dalam hidup kita.

Salam Semangat Pagi.

Tidak ada komentar: