Jumat, 06 September 2013

Positifku : Kompetensiku AKS

Semangat Pagi !!


Alhamdulillah hari ini saya bisa melanjutkan tulisan saya karena kurang lebih 2 minggu yang lalu saya melakukan pelatihan di pelosok Kalimantan Timur.

Sebelum berangkat menuju tanah kalimantan saya sempat bertemu dan berbagi pengalaman dengan salah satu sahabat karib saya Arief Eko Prasetyo      ( Cakaep ). Beliau adalah salah satu teman trainer dan motivator seperjuangan yang sangat membantu disetiap sesi pelatihan yang kami lakukan pada tahun  2009 - 2010 yang lalu. Analisis yang dilakukannya menarik kesimpulan bahwa setiap orang  memiliki kelebihan dan kekurangan, dan kita selayaknya mengetahui bagaimana karakter diri kita masing - masing. Karena mampu memberikan gambaran kompetensi apa yang sebenarnya kita miliki dan harus kembangkan. Kompetensi tidak muncul tiba - tiba, akan tetapi sedikit banyak diturunkan dari kedua orang tua kita, lalu pertumbuhan usia dan perkembangan kehidupan sosial juga memiliki pengaruh yang sangat besar, dan yang paling penting adalah kesadaran kita untuk mau menemukan dan mengembangkan kompetensi yang kita miliki.

Kompetensi terdiri dari 3 hal positif, yaitu Attitude, Knowledge, dan Skill.
Saya adalah salah seorang yang sangat komit dengan kompetensi. Meskipun defenisi kompetensi dapat kita bolak balik, tetapi saya sangat mengutamakan attitude adalah yang pertama, knowledge yang kedua dan skill yang ketiga meskipun ketiga - tiganya dapat kita kembangkan sekaligus.

Attitude

Attitude atau kita kenal dengan istilah "sikap" merupakan cerminan dasar seseorang dalam memandang dan menyikapi sesuatu. Sikap akan diturunkan oleh generasi pendahulunya atau orang tua. Namun secara alami seseorang akan sangat bisa memiliki sikap positif selama tidak ada hal negatif yang akhirnya mempengaruhi selama proses pengembangan diri. Semangat belajar merubah kepribadian untuk mengutamakan keimanan, etika, dan profesionalisme hanya dapat dilakukan oleh pribadi masing - masing. Guru, Trainer, Orang tua, Sahabat dan lingkungan sosial yang lainnya bahkan seluruh makhluk hidup lainnya adalah sebagai subjek dan objek yang memberikan stimulus atau rangsangan agar kita mau berubah dan memiliki sikap positif. Oleh karenanya, saya rekomendasikan untuk meningkatkan kualitas attitude merupakan hal pertama yang harus kita pahami dan lakukan, karena bersumber dari dalam diri kita dan menjadi titik awal untuk melanjutkan kualitas knowledge dan skill.

Knowledge

Knowledge atau yang kita kenal dengan istilah "pengetahuan" adalah pelajaran  hidup yang saat ini dapat kita ketahui dan dapatkan melalui seluruh media yang tersedia. Ilmu pengetahuan berjalan dinamis dan tidak memiliki batas hingga akhir jaman, yang bisa kita dapatkan baik dengan bersekolah, bermain, training, sharing, media elektronik, buku dan masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan. Knowledge saya tempatkan pada posisi kedua untuk mengasah kompetensi. Karena melalui proses kehidupan yang kita lalui, akan banyak sekali pengetahuan yang kita dapatkan baik melalui diri sendiri maupun orang lain. Jadi setelah berjuang meningkatkan attitude positif, lanjutkan dengan berfokus pada knowledge dan lebih baik lagi jika mampu bergerak maju  keduanya.

Skill

Skill juga biasa disebut ketrampilan, seperti contoh skill mencangkul, skill menjahit, skill menulis, dan masih banyak lagi. Ketrampilan adalah bentuk kompetensi yang ketiga yang wajib kita kembangkan. Skill adalah salah satu bentuk hasil dari attitude dan knowledge yang dapat kita lihat melalui visualisasi. Skill positif terbentuk karena secara positif selalu dilatih dan dilakukan dalam setiap proses kehidupan dengan di dasari attitude dan knowledge, dan begitu juga sebaliknya. Saya ambil contoh, jika seorang penjahit memiliki kompetensi positif maka ia adalah seseorang yang selalu memiliki sikap mengedepankan etika, seorang pembelajar untuk mengembangkan potensi dirinya, dan selalu menghasilkan karya - karya yang terbaik yang berguna bagi orang lain.Maka dia adalah seorang penjahit yang memiliki kompetensi positif.

Ketiga bagian kompetensi tersebut memiliki porsi yang berbeda - beda. Pengalaman saya, insyaAllah saya selalu menyampaikan bahwa:
"Kompetensi adalah anugerah dari Sang Pencipta, kita sebagai manusia wajib mensyukuri dan mengembangkan kompetensi agar mampu meningkatkan kualitas kehidupan kita  di dunia dan balasan yang baik di akhirat. Attitude adalah sebagai tiang prilaku kita yang sangat berperan hampir dari setengah porsi dari ketiga bagian dari kompetensi, karena mencerminkan seluruh diri kita apakah memiliki kepribadian yang positif atau negatif baik di hadapanNya ataupun  orang lain. Dan Knowledge yang kita dapat dan pelajari seumur hidup harus selalu dipraktekkan dan dilaksanakan secara positif agar mampu meningkatkan Skill kita sehingga menjadi pribadi yang lebih percaya diri".

Jadi kompetensiku adalah AKS ( Attitude, Knowledge, Skill ). Mulailah  dari diri sendiri, perbanyak ilmu dan pengetahuan, selalu lakukan dan kerjakan hal yang terbaik yang mampu meningkatkan derajat kita di dunia dan kehidupan abadi di surgaNya.

Bagaimana dengan kompetensi anda ?

Salam Semangat Pagi.