Senin, 09 September 2013

Positifku : Peluang Yang Berlimpah

Semangat Pagi !!

Setiap hari matahari tidak pernah bosan selalu memberikan keberkahan kepada seluruh makhluk hidup melalui sinarnya . Matahari adalah salah satu ciptaanNya yang  memberikan peluang kebaikan kepada makhluk lainnya.
Nah.. bicara peluang, sebenarnya bagaimana cara kita bersikap untuk bertindak ketika ada peluang ?

Seluruh makhluk hidup sudah ditetapkan dan ditentukan garis kehidupannya. Hubungan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain bukan sebuah kejadian yang secara tiba - tiba ada, melainkan atas kekuasaanNya yang membuat hal tersebut terjadi baik melalui stimulus alam maupun makhluk itu sendiri. Kita sebagai manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan yang lainnya. Kita mampu berfikir dan menganalisa setiap kejadian yang selalu menghiasi proses kehidupan.

Kalau kita berbicara seekor katak sawah, adalah binatang yang sangat menyukai kondisi lembab dan dingin. Ketika di musim hujan katak sawah sangat banyak kita temui melompat  - lompat di sekitar areal persawahan. Namun ketika memasuki musim kemarau, katak akan berusaha mencari tempat yang dingin dan lembab. Jika disekitar areal persawahan ditemui kawasan perumahan, tumpukan rumput yang lembab, tumpukan kayu yang lembab dan lain - lain, katak tidak akan menyia - nyiakan peluang tersebut untuk masuk dan tinggal beberapa waktu demi mempertahankan hidupnya. Dan sesekali akan keluar untuk mencari makan dan melihat peluang cuaca apakah sudah kembali pada musim penghujan.

Kita sebagai manusia sangat merugi apabila kita mengetahui banyak peluang kebaikan yang berlimpah  di sekitar kita tidak diambil langkah positif untuk bertindak. Kita diberikan kesehatan untuk dapat tersenyum dengan orang lain akan sangat merugi jika peluang kebaikan tersebut tidak kita lakukan. Kita diberikan kemampuan berfikir jernih dalam menganalisa permasalahan hidup akan sangat merugi jika peluang kebaikan tersebut tidak kita lakukan ketika kita menyelesaikan permasalahan hidup. Kita diberikan kesehatan ketika usia muda untuk melakukan kebaikan dan prilaku positif akan sangat merugi jika peluang tersebut baru kita sadari disaat usia  sudah beranjak senja. Dan kita diberikan keimanan untuk berbuat baik kepada orang lain akan sangat merugi jika kita baru menyadarinya disaat ajal sudah mulai memberikan tanda.

Di dalam dunia dan seluruh isinya Allah telah memberikan Peluang Yang Berlimpah untuk kita syukuri dan mewajibkan kita untuk ikut mengambil peran sebagai insan yang menaburkan kebaikan bagi sesama dan makhluk lain, baik  dalam hal pekerjaan, hubungan sosial, kesehatan, pengembangan diri, keimanan, pengembangan sumber daya alam, ekonomi, dan masih banyak lagi.  Dan sangat tidak etis jika seekor katak mampu mengalahkan kita dalam mancari peluang untuk bertahan dan hidup dalam keberkahan melainkan kita selalu menyia - nyiakan peluang disaat jiwa dan raga dianugerahkan kesehatan sehingga menghadiahkan " Penyesalan" yang kita kenang hingga tutup usia. Kita harus mampu mengalahkan sikap negatif yang sudah mempengaruhi dan melekat dibahagian dari prilaku kita. Kita wajib memperbaiki diri dan berubah menjadi insan yang tidak terlambat dalam meraih peluang karena waktu akan tetap terus berputar tiada henti yang terkadang menghipnotis kita seakan  -  akan 24 jam itu hanya sebentar saja.

Jadi, ayo bersama - sama kita kejar dan raih peluang yang berlimpah dariNya. Bersikap dan berprilaku positif, taburkan benih - benih kebaikan, dan tingkatkan keimanan kita agar selalu dilimpahkan keberkahan hidup dari semua sisi. Dan jangan sampai terlupa, kita tidak akan pernah tahu kapan dan dimana bahkan sedang melakukan apa ajal menjemput kita untuk kembali kepadaNya. Waktu tidak akan bisa kita putar kembali, karena 1 detik yang sudah kita lalui akan menjadi sebuah kenangan hingga penghujung usia. Dan harapan kita mudah - mudahan kenangan yang positif adalah yang kita dapatkan dari setiap detik dan waktu yang kita lewati semasa hidup kita.

InsyaAllah kita menjadi orang  - orang yang mampu meraih peluang kebaikan dariNya.

Salam Semangat Pagi.

Tidak ada komentar: