Senin, 16 Desember 2013

Positifku : Satu Untuk Semua ( Part II - Rayuan Hak dan Tantangan Kewajibannya )

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !!

Hari ini adalah hari yang berbahagia untuk kita semua, karena masih bisa dengan mudahnya membuka mata dan menghirup udara pagi untuk melanjutkan perjuangan hidup demi masa depan yang lebih baik.
Saya mungkin salah satu insan biasa yang sangat fokus dengan perkembangan prilaku manusia. Pengalaman melakukan pengawasan kepada konsumen selama 7 tahun sudah tidak bisa lepas dari kebiasaan. Sehingga dengan niat dan tekad positif insyaAllah selalu mendapatkan rahmat dan ridhoNya dari setiap perjuangan positif yang saya lakukan.

Tepatnya tangal 24 Oktober 2013, saya terduduk di sebuah kursi ruang tamu hotel di Balikpapan. Setelah sholat subuh, saya memgambil alat perekam suara untuk mencari inspirasi sebuah lagu untuk perusahaan. Saya memang sebelumnya merencanakan untuk mencoba membuat mars.Setelah beberapa kali merekam, akhirnya jadilah sebuah mars yang sangat singkat dan padat.
Namun ketika mars tersebut saya perdengarkan kepada salah satu direktur, saya mendapatkan masukan yang cukup lengkap untuk meniatkan hati agar segera merubah mars tersebut. Dan selang beberapa hari, saya mencoba memberikan kesempatan tersebut kepada salah satu rekan kerja saya  Aji. Karena kesibukan yang cukup padat, akhirnya Aji tetap mengembalikan mars tersebut kepada saya.

Tanggal 7 November saya sedang bersantai di kursi ruang tamu, dan saya mulai mengambil kertas dan pulpen untuk segera mengganti mars tersebut. Kata demi kata akhirnya terangkai, dan perjalanan liriknya pun adalah realita bagaimana seorang karyawan membangun kecintaannya kepada sebuah perusahaan. Mars tersebut akhirnya berubah menjadi sebuah lagu. Dan keesokan harinya saya coba mendemonstrasikan kepada Aji dan beberapa rekan kerja. Tanggapan positif dari rekan kerja dan manajemen pun tidak mengurungkan niat saya untuk segera membooking studio untuk latihan dan mendesain komposer musiknya. Andi ( Staf Training ) adalah mantan seorang drumer, ia banyak memberikan saya masukan untuk melakukan komposer musiknya. Dan akhirnya tepat tanggal 14 - 15 November 2013, saya dan Andi Take Music di salah satu studio di kawasan Jombang, Tangerang. 
Waktu pun berlalu sangat cepat, hingga jam pun sudah menunjukkan pukul 4 pagi. Setelah beberapa revisi dilakukan, alhamdulillah Take sudah selesai, yang kemudian kami lanjutkan beristirahat sebentar lalu menuju kantor untuk bekerja seperti biasanya.

Lagu tersebut akhirnya disetujui oleh Board Of Director, dan akhirnya dijadikan menjadi "Theme Song HUT dan lagu wajib  perusahaan". (Penasaran dengan lagunya.....ditunggu ya,,,)

Dari lika liku proses tersebut, sebenarnya banyak sekali godaan dan cobaan yang sangat mempengaruhi semangat positif untuk berkarya,  dan  saya menyimpulkan satu  hal positif yang bisa saya sharingkan pagi    ini :


  • Berhati - hattilah dengan rayuan negatif Hak kita. Rayuan ini sangat mampu merubah kompetensi kita menjadi menurun... bahkan negatif. Waspadalah jika di sekitar lingkungan kita masih ada yang selalu menuntut haknya sementara tidak pernah disiplin untuk memenuhi kewajibannya. 
  •  Dan realitanya.......masih banyak dari kita yang selalu menuntut Hak agar segera dipenuhi oleh perusahaan. Kita sama sekali tidak mau digaji telat. Sementara ketika perusahaan meminta kontribusi terbaik kita untuk tepat waktu, kita jarang memberikan kinerja yang produktif dan cenderung menunda hingga akhirnya tertunda. Jadi, jika kita bukan bagian dari golongan negatif ini, berbahagialah dan tingkatkan kompetensi untuk selalu berkarya, dan jika kita masih tergabung di dalam lingkaran negatif tersebut, bersegeralah memperbaiki diri menjadi positif sebelum terlambat, karena 1 detik yang sudah lewat.....akan menjadi MASA LALU setelah 1 detik berikutnya.

Hal di atas adalah contoh sederhana sebuah perjuangan untuk berkarya, saya sangat yakin "Kita" semua pernah memiliki pengalaman berkarya yang lebih dahsyat lagi. Jangan tergoda dengan rayuan negatif dalam menuntut Hak kita, akan tetapi disamping kita sangat memahami hak kita, kita harus mengutamakan Kewajiban kita agar kita dapat melangkah lebih maju dibandingkan dengan yang lainnya. Berikanlah sebuah karya yang dapat diarasakan manfaat positifnya oleh orang lain, karena kita satu untuk semua.

Salam Semangat Pagi !!





Tidak ada komentar: