Rabu, 11 Desember 2013

Positifku : Satu Untuk Semua

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.


Semangat Pagi !!

Alhamdulillah Allah SWT dengan segala nikmatNya memberikan  kesehatan hingga hari ini sehingga masih bisa memberikan sedikit sharing positif yang insyaAllah bermanfaat buat kita semua.

Tepatnya 1 bulan yang lalu saya mendapatkan amanah untuk melakukan perjalanan dinas dan mengkoordinir sebuah  "event besar" di salah satu perusahaan Agribisnis. Dengan tim yang sangat terbatas, saya sangat beruntung mendapatkan rekan partner M. Andi Akbar dan Adinda Satria Bagus yang hampir 24 jam setiap hari melakukan persiapan, koordinasi, dan mendesain program dari awal hingga akhir baik untuk acara di Jakarta dan Kalimantan. Mereka adalah sosok tim training yang menurut saya sangat luar biasa. Passion yang tertanam di hati memang tidak bisa membohongi produktifitas yang di hasilkan. Dan seperti apakah kedua sosok tim saya tersebut ?

  1. M. Andi Akbar adalah seorang staf training di sebuah perusahaan agribisnis di Jakarta.Saya bekerja sama dengannya semenjak November 2011 yang lalu. Jatuh bangun dalam membangun sebuah departemen training kami lalui dengan sepenuh hati. Sosok penyabar ini adalah lulusan psikologi sebuah universitas swasta di Ciputat. Saya banyak belajar teori dan konsep psikologi setiap kali kami menyusun sebuah "Project" training. Andi bekerja sangat fokus dan terkadang terlupa dengan dirinya sendiri. Totalitas yang diupayakan sangat membantu saya dalam hal mengembangkan departemen secara bersama  - sama. Andi adalah orang kedua yang khusus menjadi tim training hingga saat ini. Bahkan setiap ada amanah tugas ke pelosok hutan kalimantan, Andi  tidak pernah mengatakan " Maaf saya tidak bisa berangkat," karena kami sudah sepakat bahwa sebuah pekerjaan adalah " Amanah dari Allah SWT " dan kami percaya setiap kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan karunia dan rahmatNya dari pintu manapun.  So, Andi is my first partner, rekan islami, rekan sepenuh hati, satu tim untuk semua.
  2. Adinda Satria Bagus adalah seorang lulusan akunting yang lolos dalam program Management Trainee yang kami kelola tepatnya 1 tahun yang lalu. Saya dan Andi sepakat sekali untuk memilihnya sebagai salah satu tim training untuk penempatan di Training Center Kalimantan. Kompetensi yang sangat berbeda menjadi sebuah nilai lebih yang sangat menjawab kualifikasi  representatif kami di Kalimantan. Awalnya sangat kami kesulitan untuk menyatukan "hati" menjadi sebuah tim di departemen training. Namun berkat kerja keras dan kesamaan prinsip, akhirnya Adinda Satria Bagus mampu melewati berbagai test yang kami siapkan untuk menjadi seorang Trainer.    
                    Alhamdulillah Bagus merupakan sosok yang penyabar, sopan santun, tegas dan sangat fokus di setiap pekerjaan yang di kerjakan. Kemampuan menjaga sebuah kepercayaan dalam hal tanggung jawab merupakan sebuah nilai lebih yang membuat saya sangat terkesan dengannya. Semangat dan passion selalu ditunjukkan meskipun segudang masalah sedang "mampir" dalam kehidupannya. Saya hampir tidak pernah melihatnya murung, dan mantan atlit silat ini pun sangat cepat beradaptasi menemukan passionnya di dunia training. So, bagus is my second partner, rekan islami, rekan sepenuh hati, satu tim untuk semua.

Kedua sosok di atas kenapa saya tuliskan ke dalam sharing saya hari ini ? Saya memiliki sebuah alasan yang sangat sederhana, " Kita terlahir sebagai makhluk yang saling ketergantungan dengan makhluk lain terutama dengan sesama. Saya sebagai seorang manusia biasa tidak akan mampu membuat sesuatu menjadi berhasil tanpa support dan kerjasama dari tim. Perbedaan pendapat adalah sangat wajar dan harus di selesaikan dengan kepala dingin agar kualitas tim tetap terjaga. Saya, Andi, dan Bagus tidak luput dari kelemahan dan kekurangan, namun dengan semangat tim dan sepenuh hati kami menutup kelemahan tersebut dengan kelebihan dan kekuatan yang ada pada masing - masing pribadi ".

Berikut beberapa  hal sederhana yang dapat kita pelajari dalam sebuah tim adalah :
  • Syukuri dengan formasi tim yang ada
  • Gali kekuatan dan kelemahan dari tim
  • Bentuk visi, misi, sasaran, dan action plan dari tim
  • Jalin komunikasi efektif dan " fast respons" dalam hal coaching dan konseling di dalam tim
  • Tingkatkan kompetensi yang positif
  • Lakukannlah dengan sepenuh hati
  • Dan tanamkan sebuah prinsip "' Satu Untuk Semua "

So... jadikanlah tim anda menjadi satu untuk semua.


Salam Semangat Pagi.

Tidak ada komentar: