Rabu, 26 November 2014

Positifku : Anda Bisa Jadi Trainer !!

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !

Menjadi Trainer tidak harus memiliki profesi atau posisi sebagai trainer. Apapun posisi, jabatan, kedudukan, bahkan status sosial anda.......anda bisa menjadi trainer di setiap saat kapan pun anda mau. Nah...apa rahasia sederhana yang harus dikuasai ?... Silahkan dibaca sampai selesai dan tuliskan pendapat anda.


Beberapa waktu lalu Pak Jamil (inspirator sukses mulia) pernah melakukan survei sederhana kepada group didikan beliau. Pertanyaannya adalah " Sebutkan 3 Kemahiran Yang Harus Dimiliki Oleh Trainer Saat ini ?"
Alhasil saya dan banyak sahabat trainer memberikan jawaban yang luar biasa. Dan bagi saya hal ini sangat positif untuk membangun pengembangan kompetensi para trainer khususnya pada jaman sekarang.
Maka dari itu, pertanyaan itu akan saya ulang kembali di www.ariyantowong.com, insyaAllah mendapatkan masukan yang positif buat kita para Trainer, pengajar, konsultan profesional dan  para inspirator maupun motivator di Indonesia.

Pertanyaannya :
" Sebutkan 3 Kemahiran Yang Harus Dimiliki Oleh Trainer Saat ini ?"

Dan ini jawaban saya :

1. Proaktif menggali kebutuhan training (Training Need Assessment / Analysist) yang sesuai dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar pengembangan SDM

2. Mahir dalam mendesain materi (baik content / isi dan contex / kemasan ) dengan proses implementasi / delivery yang menjawab kebutuhan peserta secara langsung di dalam kelas

3. Mahir membangun hubungan yang sinergis baik di dalam kelas maupun di luar kelas secara profesional dan berkesinambungan.

Bagaimana Jawaban Bapak / Ibu ? Ditunggu Sharingnya ....

Salam Positifku..