Selasa, 20 Januari 2015

Positifku : Tahun Ini Pekerjaan Saya Lebih Berkah !

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !!

Alhamdulillah kita semua sudah memasuki tahun  2015 semenjak 20 hari yang lalu. InsyaAllah kita semua diberikan kesehatan dan kebaikan hingga akhir hayat kita baik di dunia maupun akhirat.

Tulisan kali ini saya mencoba akan menyampaikan sebuah metode motivasi sederhana yang insyaAllah bisa dipraktekkan oleh semua sahabat positifku. Sesuai dengan tema yang saya tuliskan " Tahun Ini Pekerjaan Saya Lebih Berkah ", dan saya coba sharingkan hal positif apa yang harus kita persiapkan dan lakukan pada tahun ini.

Pertama
Catatlah semua kesalahan - kesalahan yang pernah kita lakukan dalam mengemban amanah di dalam pekerjaan kita selama tahun 2014. Catatlah sebanyak - banyaknya yang kita ingat, karena akan lebih baik hasilnya jika kita mengetahui kesalahan apa saja yang pernah kita lakukan.

Misalkan :
1. Saya  lupa berterima kasih kepada sahabat saya waktu membantu saya membuat laporan bulan Januari
2. Saya membicarakan keburukan sahabat kantor saya dengan atasan saya
3. Dst..
Nah... jika sudah selesai sampai darah terakhir ( hehehehe,,,) maksudnya jika merasa semuanya sudah tercatat, jangan lupa diberi nomor dan silahkan jumlahkan.

Kedua
Catatlah semua kebaikan - kebaikan  yang pernah kita lakukan DENGAN IKHLAS selama bekerja di tahun  2014. Catatlah sebanyak - banyaknya yang kita ingat, karena akan lebih baik hasilnya jika kita mengetahui kebaikan apa saja yang pernah kita lakukan.

Misalkan : 
1. Saya mendorong motor rekan kerja saya saat mogok di jalan
2. Saya sharing ilmu sholat kepada atasan saya
3. Dst..
Nah... merasa semuanya sudah tercatat, jangan lupa diberi nomor dan silahkan jumlahkan.

Ketiga
Jika keduanya sudah kita jumlahkan, mari perbandingkan berapa jumlah kesalahan yang pernah kita perbuat dan berapa jumlah kebaikan yang pernah kita perbuat selama tahun 2014. Dan pastinya kita akan menemukan satu jawaban :

Jumlah Kesalahan > Jumlah Kebaikan

Kenapa saya yakin jawabannya  adalah jumlah kesalahan lebih besar dibandingkan dari jumlah kebaikan ?  Karena kita adalah manusia yang diciptakan oleh Allah SWT yang memiliki akal, pikiran dan hawa nafsu. Kita ditakdirkan oleh Allah SWT tidak akan luput dari dosa. Dan kita memiliki hawa nafsu yang mampu membuaat kita memiliki prilaku negatif meskipun hal yang kita lakukan menurut kita positif.

Jadi, kuncinya adalah : 
Mari bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT serta meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW, berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan - kesalahan yang pernah kita lakukan dalam mengemban amanah pekerjaan yang dititipkan oleh Allah SWT kepada kita.

Janganlah kita menunda lagi, mari tingkatkan iman kita kepada Allah SWT dengan belajar menjadi pribadi positif yang ikhlas dalam mengemban amanah setiap pekerjaan yang kita lakukan. Karena jika hal mendasar ini sudah terbentuk dengan baik, insyaAllah kita tidak akan mampu menghitung berapa kesalahan dan berapa kebaikan yang sudah pernah kita lakukan. Apa yang menjadi penyebabnya ? Karena hidup dengan didasari keikhlasan, sudah menjadi kebiasaan positif yang selalu mengalir dari hati hingga tindakan yang kita lakukan.

Yang terpenting dari tulisan ini bukanlah cara menghitungnya, karena jika kita masih mampu menghitung kesalahan dan kebaikan kita dalam 1 tahun, maka sesungguhnya keikhlasan yang terbentuk di dalam diri kita masih belum menjadi sebuah kebiasaan.

Jadi, berdoalah kepada Allah SWT mulai saat ini, dan ucapkanlah "  Ya Allah ... berikanlah Hamba Kekuatan Iman Lahir dan Batin Untuk Meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan dan Keikhlasan hati ini, dan Mohon Doa Restu-Mu Agar Tahun Ini Pekerjaan Saya Lebih Berkah, Amin "

Semoga bermanfaat...


Salam Positifku..