Senin, 27 April 2015

Positifku : Tekankan Motivasi Hati Bersama Tim Anda !!

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.


Semangat Pagi !!

Alhamdulillah hari ini kita semua tetap dalam keadaan semangat dan bersyukur tanpa batas.

Kurang Lebih selama 13 tahun saya telah bekerja di dua perusahaan yang bergerak di bidang ritel dan agribisnis. Dan selama waktu tersebut saya pernah menjadi bagian dari tim.... hingga memimpin sebuah tim..... sampai beberapa tim...hingga menjadi motor perubahan organisasi. Pengalaman yang sungguh luar biasa banyak saya dapatkan baik untuk pribadi saya dan pula bagi lingkungan sekitar.

Nah... ada sebuah cara yang ampuh yang bisa saya sharingkan hari ini kepada para pembaca setia
 " wongpositif ". InsyaAllah anda pernah mengalaminya....mencobanya....bahkan sudah ahli... atau belum pernah sama sekali. Mari kita saling mengingatkan bahwa menaburkan kebaikan ilmu itu adalah sebuah tabungan yang sangat bermanfaat bagi kita hingga  " kembali " memenuhi panggilanNya.

1. Jika Anda Bagian Dari Tim

Banyak sekali ilmu mengenai "tim positif / efektif"  yang bisa kita dapatkan dengan metode apapun (apalagi di jaman yang modern ini) dan dapat kita praktekkan dikehidupan sehari-hari. Dan ilmu itu seyogyanya bisa langsung kita aplikasikan untuk meningkatkan kualitas kompetensi kita di dalam tim. Karena kita harus mengasah dan mempraktekkan ilmu yang kita miliki dengan  metode " Penyesuaian Positif" sesuai dengan perkembangan jaman.

Nah.... apa inti yang ingin saya sampaikan ?  Baiklah...JIKA ANDA  BAGIAN DARI TIM,  bersyukurlah karena mendapatkan kepercayaan untuk menyelesaikan tugas tim yang sangat mulia. Karena anda tidak boleh memandang bahwa anda berjuang secara maksimal hanya untuk mendapatkan hasil dan imbalan dari manusia. Karena pada hakekatnya, segala sesuatu yang kita niatkan dan lakukan di dalam tim, hanya semata -  mata untuk menjalankan TAQWA-NYA dan mengharapkan RAHMAT dariNya. Berlatihlah setiap saat . setiap hari, setiap niat , setiap tindakan. hingga setiap harapan yang kita lakukan di dalam tim seluruhnya kita curahkan untuk mendapatka  imbalan dariNya. Karena jika anda sudah mampu dan fokus seperti cara yang saya sampaikan tadi, InsyaAllah " Hati Anda Akan Termotivasi Setiap Hari" meskipun banyak gangguan lingkungan yang setiap harinya menghampiri anda.

Ingin menjadi pribadi yang lebih positif di dalam TIM ? Silahkan dicoba mulai dari sekarang..OK..

2. Jika Anda Adalah Pemimpin Tim

Sebelum saya membahas lebih jauh..... jika anda seorang pemimpin..... mari bersyukur bahwa anda adalah salah satu orang terpilih yang mendapatkan tugas mulia dariNya.  Menjadi pemimpin di dalam hal atau bidang apa pun adalah sebuah KEPERCAYAAN dariNya. Dan tidak ada alasan lain yang bisa anda sampaikan untuk menolaknya, karena anda sudah dipilih... dan anda harus memegang teguh amanah mulia itu untuk membahagiakan orang lain dan diri anda.

Nah...apa inti yang ingin saya kemukakan ? Baiklah,,, JIKA ANDA ADALAH PEMIMPIN, berarti anda harus berhasil dahulu menjadi BAGIAN DARI TIM. Anda harus lolos seleksi seperti cara pertama yang sudah saya sampaikan. Karena jika anda menjadi pemimpin...tetapi belum sukses menjadi bagian dari tim...saya pastikan tim yang anda pimpin tidak akan efektif dan maksimal. Tim tidak mampu mencapai sinergi dan setiap bagian dari tim tidak akan menjadi solid  karena hakikat menjadi bagian dari tim itu...tidak mampu anda sampaikan hingga menyentuh hati tim anda.

Percayalah....pemimpin itu adalah nyawa dari sebuah tim. Pemimpin yang akan membawa arah dan tujuan dari tim. Dan pemimpin harus lebih tahu bagaimana caranya menjadi bagian dari tim yang positif. Karena pemimpin tim memiliki tugas yang sangat besar dan mulia, yaitu mengelola seluruh bagian tim untuk mencapai cita - cita mereka dan cita - cita tim. Karena secara tidak langsung , akan mencapai cita - cita anda sebagai pemimpin. Serta insyaAllah jika anda berhasil mencapai cita - cita tersebut .....derajat anda akan naik di mataNya dan " Hati anda akan selalu termotivasi dalam memimpin" meskipun banyak rintangan serta godaan yang menghampiri disetiap tindakan anda.

Kedua hal tersebut adalah bagian dari pengalaman yang bisa saya sharingkan kepada seluruh pembaca setia 'WONGPOSITIF". Jadilah motor pribadi positif bagi sekitar anda. Dan rasakan perubahan hidup yang penuh rahmat dan berkah ........karena anda secara perlahan berubah lebih mulia di lingkungan sekitar dan di hadapanNya.

InsyaAllah sharing positif pagi ini bermanfaat untuk kita semua.

Salam Positifku !