Rabu, 25 November 2015

Positifku : Motivasi Kerja Lagi Lesu ? Selesaikan dengan 4 Tahap !




Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !
Apapun kondisi yang membuat anda menjadi lesu atau tidak bergairah bahkan sampai merendahkan  “tensi motivasi positif” anda…….. saya punya empat tahap yang InsyaAllah bisa membantu anda untuk melewatinya secara positif……. bahkan berbalik akan menambah motivasi anda.


Penasaran ? Berikut tahapannya :

TAHAP 1

*Berdoa kepada-Nya.
Apapun agama yang kita anut, “Memintalah kepada-Nya agar diberikan kekuatan untuk melewati masa sulit tersebut…… karena Dia sangat yakin dan percaya bahwa kita mampu untuk melewatinya dengan hati yang bersih. Jadi…. jika menghadapi kejadian apapun, berpikirlah secara positif dan percayalah kepada-Nya, karena dibalik sebuah kejadian ada rahasia-Nya yang belum kita ketahui. Dan insyaAllah rahasia itu berdampak positif dan meningkatkan derajat kita didunia dan akhirat. 

TAHAP 2

Meminta  doa  dan restu kepada  kedua  / salah satu dari orang tua  (Jika salah orang tua sudah meninggal)

Ceritakan apa yang sedang anda alami secara detail dan perlahan-lahan. Mintalah saran terbaik dari orang tua anda. Simpan saran terbaik tersebut sebelum anda melanjutkan kepada tahap selanjutnya. Dan ingat…jangan berkomunikasi seolah-olah anda sudah pasti akan menemukan jawabannya….bahkan anda yang lebih dominan dalam menentukan keputusannya, OK. Biarkan hati seorang ibu/ayah yang berbicara….

TAHAP 3

Ambil catatan rencana masa depan anda. Coba analisa perjalanan hidup anda. Apakah masih panjang sisa hidup yang akan anda arungi. Atau cukup….stop sampai disini ?
Jika sisa hidup anda ternyata masih panjang dan masih banyak yang harus anda lakukan… hadapi masa sulit itu……. dan coba untuk lebih kreatif dalam menyelesaikannya. Kita makhluk sempurna. Jangan kalah sama makhluk yang lain… Ok. Kalau kata salah satu sahabat saya Andi Akbar “Mas Wong, kita ini manusia…masak kita kalah ama semangat semut?” Nah….kita hidup di dalam komunitas manusia. Saya yakin anda pasti punya seseorang yang dapat membantu anda baik lahir maupun batin. Maka, tentukan siapapun para ahlinya secara tepat dan positif… agar motivasi anda bisa “Dicas” kembali.

Nah bagaimana jika anda merasa cukup…dan stop sampai disini ? Jangan melakukan sesuatu hal yang negatif. Bergegaslah untuk mencari “Kapal” baru.  Tinggalkan pekerjaan yang lama dengan penuh kesan secara positif. Silahkan adu kompetensi anda dan bersainglah secara professional. Dan saya yakin, anda akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan kemampuan kompetensi anda. Jadi….. pada tahap ini adalah “ Tahapan dimana anda menganalisa dan mengadu pada diri sendiri”. Lakukanlah setelah anda menyelesaikan tahap 1 dan 2. InsyaAllah semangat motivasi secara perlahan mulai meningkat lagi.

TAHAP 4

Nah… pada tahap inilah yang sering saya temukan menjadi urutan pertama. Sehingga, banyak para pekerja yang sedang galau malah tambah galau atau bahkan tidak menemukan jalan keluar. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang beruntung bisa survive hanya melakukan tahap 4 saja.  Hal itu bisa terjadi atas kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, dan bagi saya yang beragama Islam…hal tersebut adalah “Kekuasaan Allah SWT”.
Sebenarnya pada tahap ini adalah “Tentukan ahlinya dan diskusikanlah”
Tentukan kepada siapa anda akan mendiskusikan kesulitan anda. Jangan dengan sembarangan orang. Berdiskusilah kepada ahlinya. Kepada siapapun yang secara tulus ingin anda sukses dan bahagia. Bisa dengan istri, suami, saudara, anak dan sahabat/kerabat anda. Dan bagaimanapun hebatnya diskusi anda dengan para ahli tersebut….hanya andalah yang memegah penuh kendali dalam pengambilan keputusan. Karena andalah yang benar-benar tahu mengenai rencana kehidupan anda. Anda lebih tahu kekuatan dan kelemahan anda. Jadi… pesan saya …. Jangan sampai salah pilih para ahli, OK.

Keempat tahapan tersebut yang  selalu saya lakukan selama ini. Dan alhamdullillah motivasi saya tetap terjaga dan lebih positif karena turut campur tangan dari Allah SWT. Kita sebagai manusia Wajib Meminta Kepada-Nya, Meminta saran  dan doa restu orang tua, Menilai diri sendiri, dan Meminta bantuan sesama dalam menyelesaikan seluruh permasalahan hidup kita. Karena kita adalah makhluk yang palng sempurna di muka bumi ini.
Semoga tulisan hari ini bermanfaat bagi kita semua. Dan bagi anda para pekerja……. Ayo coba lakukan hal di atas… InsyaAllah lebih berkah dan lebih positif.

Salam positifku …