Kamis, 14 April 2016

Positifku : Sebarkan Rahasia Ini….(Cara Mudah Berkembang Menjadi Manusia Positif Di Dunia)



Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !

Hari ini ada sebuah rahasia saya yang akan saya taburkan dan sebarkan kepada siapapun di seluruh penjuru dunia. Rahasia ini adalah salah satu senjata jitu saya semenjak saya berkomitmen menjadi Manusia Positif baik di dunia InsyaAllah juga akhirat. 

Kenapa hal ini saya lakukan ? Karena semakin berkembangnya jaman….. tantangan manusia untuk bisa menjadi lebih positif akan semakin banyak mengalami hambatan. Saat ini sudah banyak “Penyakit Iman” yang menular sehingga kita lebih mementingkan diri sendiri yang akhirnya bertindak dengan “ego” yang tak terkendali.

Mari kita simak kelanjutannya  !!
@Seminar Master Guyu (Cak Aep) UNJ

Alhamdulillah hingga detik ini saya tetap masih mendapat kepercayaan dari para guru, keluarga, sahabat dan handai taulan dengan julukan “ Wong Positif” (Silahkan cari tagline wong positif di dunia maya). Dan serius lho……. Untuk menjadi “ Wong Positif” itu tidak mudah. Apalagi segala jenis tantangan kehidupan selalu  dihadiahkan oleh Allah SWT setiap hari hingga setiap saat. Hal ini benar-benar menguji komitmen saya apakah mampu bertahan bahkan  berkembang menjadi manusia yang lebih positif atau tidak. Mungkin bagi kita bahkan anda adalah hal yang sangat “biasa” jika mendengar segala sesuatu yang berhubungan dengan”Positif”. Namun tulisan positif saya kali ini sungguh berbeda. Sampai-sampai saya butuh effort (usaha) yang cukup keras untuk dapat menulisnya. InsyaAllah dan mudah-mudahan rahasia ini bisa membuat anda da kita semua menjadi manusia yang lebih positif dari sebelumnya.

Nah… mari kita mulai pembahasannya. Saya akan membahasnya dengan sangat sederhana dan mudah-mudahan semua kalangan usia mampu memahami intisarinya. 
Ok… Bismillahirrohmanirrohim.

Bagaimana Cara Mudah Menjadi Manusia Positif Di Dunia ??
Pertanyaan ini saya yakin anda pun bisa menjawabnya. Namun jika pertanyaannya saya tambahkan sedikit kata “berkembang” sehingga menjadi “ Bagaimana Cara Mudah Berkembang Menjadi Manusia Positif Di Dunia ??
Ini dia rahasianya…..

Banyaaaaaak sekali aktifitas yang kita lakukan selama hidup.  Apalagi kalau kita hitung dari saat kita bangun pagi hingga kita tertidur dan bangun kembali. Nah..kalau kita analisa…. apakah aktifitas tersebut semakin berkualitas, bermanfaat, membawa keberkahan, atau bahkan membuat kita menjadi lebih baik dan lebih positif ? Bisa jadi jawaban kita adalah “IYA”, “BIASA SAJA”, “SEPERTINYA TIDAK” atau “GA TAHU”. Coba kita ambil satu contoh :
1.       Sarapan Pagi. Saat kita sarapan pagi…….. bisa jadi proses atau kejadian yang kita lewati seperti ini : Memulainya dengan doa, atau tidak berdoa,atau  memulai dengan cuci tangan, atau tidak cuci tangan, atau menawarkan kepada orang lain, atau makan sendiri saja, atau makanan dihabiskan tanpa sisa, atau makanan tersisa, atau membagi makanan dengan hewan, atau mengucap syukur/Alhamdulillah, atau tidak mengucap syukur, atau makan dengan cepat, atau makan dengan perlahan, atau makan bersama keluarga, atau makan dengan lauk yang berlimpah, atau makan dengan lauk secukupnya, atau minum dengan beraneka ragam,  atau cukup dengan saju jenis saja, atau makan tidak bersuara, atau makan sambil nelpon/bicara/bercanda, atau makan dengan piring bersih, atau makan dengan tempat makan selain piring, atau makan sambil ngerumpi, atau makan dengan fokus, atau makan dengan hati yang tenang/rasa syukur, atau makan dengan rasa marah, atau makan penuh emosi, atau makan sambil berfikir negatif, atau makan sambil berfikir positif dan masih banyak lagi yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita masing-masing.

Apa yang akan saya bahas ? Melalui satu contoh sederhana di atas, Bagaimana caranya agar anda mudah berkembang  menjadi manusia yang lebih positif ketika sarapan pagi ?

Jawabannya adalah :
Setiap manusia baik halnya saya, anda dan siapapun yang membaca tulisan ini… bahkan apapun kedudukan kita … kita akan pasti “Dipanggil Oleh-Nya”.  Apa hubungannya ? Sederhana sekali….. Saya bahkan anda sekalipun jika di Tanya “ Sudah siapkah anda dipanggil oleh-Nya ? Karena kita sebagai manusia biasa dan penuh khilaf dan dosa pasti akan menjawab “ Belum…karena saya masih penuh dengan dosa, amalan serta kebaikan saya belum cukup untuk membawa saya kepada ketenangan saat ”Panggilan” itu tiba. Namun apapun kondisinya kita semua harus “Siap”.
Nah.. apa korelasinya (hubungannya) dengan tema saya kali ini ? Saya ambil sesuai contoh di atas. Mari kita coba perbaiki kualitas sarapan pagi kita. Hal-hal negatif yang melekat saat kita sarapan pagi setiap hari… sudah saatkan kita kurangi….perbaiki…dan hilangkan. Munculkan sebuah kebiasaan baru dengan niat dan prilaku ketika kita sarapan pagi dengan lebih positif. Lakukanlah dengan penuh etika, sederhana, niat yang tulus, penuh syukur, dan peduli dengan lingkungan kita. Lakukannlah dari hati..bukan karena arahan dari tulisan saya ini. Sekali lagi lakukanlah dari hati anda terdalam. Jadilah manusia yang lebih tenang dan penuh rasa syukur.  Karena rahasia saya untuk menjadi dan berkembang lebih positif ketika sarapan pagi adalah “SIAPA TAHU SETELAH KITA MELAKUKAN AKTIFITAS INI…KITA DIPANGGIL OLEH-NYA”.

Itulah rahasianya………….. Kita tidak tahu kapan waktu itu akan tiba. Namun sebagai manusia biasa, setidaknya kita berusaha dan berikhtiar untuk selalu belajar dan berkembang agar seluruh perbuatan dan amalan kita membawa keberkahan dan kebaikan di dunia maupun akhirat nanti.
Seperti janji saya…sederhana bukan …… Dalam bahasa gaulnya “ Siapa tahu kita dipanggil oleh-Nya setelah melakukan aktifitas ini….. Dan hal tersebutlah yang saya tanamkan dan menjadi motivasi saya untuk  berkembang  menjadi manusia yang lebih positif.

Segala sesuatu yang kita perbuat di dunia……. marilah kita serahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Kuasa. Kita hanya bisa berdoa semoga segala sesuatu yang kita niatkan dan lakukan membawa keberkahan di dunia maupun di akhirat. Namun, melalui rahasia ini… minimal kita sudah belajar dan melakukan sesuatu yang positif agar selalu bertaqwa kepada-Nya.

Setelah membaca tulisan ini…. Mohon tulisan ini disebarkan kepada keluarga, kerabat, sahabat, group dan dimanapun anda berada. InsyaAllah ilmu sederhana ini bisa membawa kita semua menuju kebaikan meskipun perkembangan jaman tetap berkembang.

Ayo... aplikasikan ke seluruh aktifitas anda...dan rasakan perkembangan diri anda secara nyata...

Demikian dan terima kasih sudah membaca dan menyebarkannya…

Salam Positifku !

Ariyanto Wong “Wong Positif”
@ Perkebunan Kelapa Sawit Kutim
@Ariyanto Wong
#Ariyanto Wong