Kamis, 19 September 2013

Positifku : Fokuslah Kepada Hasil Yang Melebihi Harapan

Semangat Pagi !!

Alhamdulillah hari ini saya dan kita semua masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk bisa menikmati rahmatNya serta tiada sedikitpun celah untuk kita berpikir untuk menjauh dari taqwaNya.

Pengalaman pernah bekerja di Retail minimarket semenjak saya lulus dari sekolah kejuruan memang sama sekali jauh dari perkiraan dan cita - cita saya. Akan tetapi hal tersebut adalah yang terbaik dan menjadi sebuah pelajaran hidup yang positif buat saya. Tujuh tahun menjadi pejuang operasional memberikan saya sebuah falsafah kehidupan yang sangat positif yang insyaAllah selalu saya sampaikan di setiap kesempatan yang diberikan. Apakah falsafah tersebut ?
" Lakukanlah sesuatu hal yang positif dengan maksimal dan fokus, ciptakan sebuah hasil yang melebihi harapan."
Falsafah tersebut sudah tertanam di hati saya hingga memiliki keinginan yang menggebu - gebu untuk menyampaikan kebaikan tersebut kepada orang lain. Karena pandangan positif saya menyatakan bahwa kita adalah manusia sempurna, memiliki keimanan, energi, kesehatan, serta kekuatan untuk berpikir yang harus kita syukuri dan pergunakan semaksimal mungkin di setiap tindakan. Saya memiliki beberapa alasan kuat untuk meyakinkan orang lain kenapa kita harus melakukan sesuatu melebihi harapan.

Kenapa kita mau menjadi orang yang biasa padahal sebenarnya kita memiliki kekuatan yang mampu membuat kita menjadi luar biasa ?

- Hal tersebut terjadi karena kita masih memikirkan apa yang bisa kita lakukan pada hari ini saja. Kita jarang memaksimalkan energi dan pemikiran kita untuk menulis dan merencanakan sebuah visi , misi ,  dan sasaran kehidupan kita yang membuat kita mengarungi proses hidup tanpa ada rencana dan evaluasi. Kita terjebak dalan rutinitas, alhasil kita hanya mampu melakukan hal yang teknis, dan kita tidak memiliki kepercayaan diri ketika mendapatkan kesempatan untuk memiliki tanggung jawab yang  "Lebih " dariNya.

Kenapa perusahaan kesulitan mencari tenaga kerja padahal pencari tenaga kerja juga sulit mencari kerja ?

-Yang pertama karena tim pencari tenaga kerja terperangkap hanya melakukan sebuah  "job deskripsi " saja. Seluruh kegiatan untuk mencari tenaga kerja dilakukan hanya sesuai prosedur saja. Tim tersebut belum memiliki sebuah " Passion " untuk tetap dan berusaha menjemput bola, menjalin komunikasi aktif, dan menanamkan sebuah prinsip bahwa " Saya adalah salah satu tim yang membangun perusahaan, dan rezeki yang saya peroleh adalah hasil jerih payah saya untuk mencari kandidat terbaik buat perusahaan." Padahal jika melakukan pekerjaan yang produktif dan membuahkan hasil melebihi harapan tidak merugikan diri sendiri. Malahan sebaliknya, kompetensi kita bertambah, tingkat kepercayaan kepada kita semakin tinggi, dan insyaAllah dengan banyak relasi dan komunikasi, rezeki akan datang berlimpah dariNya.

- Yang kedua karena para pencari kerja banyak yang tidak memiliki kepercayaan diri untuk menunjukkan kemampuannya. Mengikuti proses seleksi tanpa persiapan, hanya sebatas mengerjakan proses seleksi, presentasi yang biasa saja ketika wawancara, apa lagi tidak mampu menyampaikan kekuatan dan kelebihan dengan kepercayaan diri bahwa mampu membawa perubahan di dalam perusahaan tersebut. Jika pencari kerja hanya ingin mempromosikan diri dengan cara yang biasa, bagaimana mungkin posisi - posisi yang  ternyata adalah menjadi "bidangnya" selalu terlewati dan akhirnya diduduki oleh kandidat yang berorientasi kepada hasil yang melebih harapan.

Kedua pertanyaan di atas mewakili dari ratusan bahkan ribuan aktifitas kita yang mampu memberikan kita hal positif untuk melakukan perubahan diri.Mari kita bersama - sama membenahi diri, Fokuslah kepada hasil yang melebihi harapan. Jangan mau menghasilkan sesuatu yang biasa saja. Apapun profesi kita, lakukanlah sesuatu yang positif secara maksimal. Karena belajar sambil melakukan adalah sebuah perjalanan yang positif dibandingkan melakukan tanpa mempelajarinya.

Salam Semangat Pagi.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantaps Pak Wong.

Salam,
Yuventius Seniarto

Wong Positif mengatakan...

Terima kasih Pak Seto. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tks.
Wong

lordardiansyahanggi mengatakan...

my inspiration.....apakah saya juga bisa seperti itu?

Wong Positif mengatakan...

Anggi, insyaAllah.
Karena semua itu sudah dilakukan benar - benar sepenuh hati.