Jumat, 07 Maret 2014

Positifku :Visi, Misi, Sasaran ! ( Your Strategic Future )

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !!

Sudahkah kita membuat perencanaan untuk tahun ini ?
Rasanya sangat terlambat jika kita hingga saat ini masih belum memiliki sebuah perencanaan yang matang untuk dijadikan tahapan perkembangan proses kehidupan yang lebih baik. Bulan ini sudah masuk bulan ketiga, dan sangat merugi sekali kita sebagai manusia (makhluk paling sempurna) hanya berdiri layu mengikuti perkembangan jaman tanpa passion positif dan cita - cita. 
Namun, masih ada kesempatan untuk merubah diri  menjadi pribadi yang positif.
Dan ada 3 hal sederhana yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari - hari untuk menjadi seorang perencana dan eksekutor yang positif. Penasaran, mari kita bahas secara singkat.

Visi
Visi adalah cita - cita yang ingin kita capai. Dan visi adalah sebagai titik awal sebuah perencanaan yang kita persiapkan untuk jangka waktu yang panjang. Setiap orang selayaknya memiliki cita - cita sebagai motivasi untuk meraih masa depan yang lebih baik. Lalu, apakah visi bisa berubah ? Jawabannya sangat bisa sekali, karena ketika visi  tersebut sudah tidak bisa lagi secara realistis dapat dicapai karena pengaruh perkembangan jaman atau yang lainnya, sebaiknya visi pribadi disusun kembali sesuai dengan realita dan kemampuan, agar kita menjadi pribadi yang tetap bersemangat dan terarah. Jadi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah tentukan visi atau cita - cita pribadi, lalu berkomitmenlah kepada diri sendiri dan kepada Allah SWT untuk sepenuh hati berjuang meraih cita - cita mulia tersebut.

Misi
Di dalam dunia perfilman, kita sangat mengenal sekali film " Mission Impossible." Dan dari film tersebut sebenarnya kita sudah bisa mendefenisikan arti misi. Di dalam film tersebut aktor "jagoan"  selalu memiliki langkah - langkah jitu yang sangat terencana  untuk mencapai sesuatu. Karena misi adalah langkah - langkah yang terencana untuk mencapai cita - cita. Jadi, kita harus menyusun langkah - langkah apa saja yang akan kita persiapkan dan laksanakan untuk mencapai cita - cita kita. Jika kita memiliki cita - cita " Menjadi teknisi listrik yang inovatif dan bertaraf internasional", berarti kita harus menyusun misi bagaimana menjadi seorang teknisi yang hebat, bagaimana  pengembangan kompetensi agar selalu inovatif, dan bagaimana memiliki kemampuan dan kompetensi bertaraf internasional.
Langkah - langkah tersebutlah yang menjadi sebuah komitmen lanjutan untuk segera dipersiapkan dan laksanakan agar cita -cita tercapai.

Sasaran
Sasaran adalah tujuan yang paling akhir ingin kita capai. Dan kita harus benar - benar mengetahui tujuan yang sebenarnya yang ingin kita dapatkan jika cita - cita tersebut mampu kita raih. Semisal jika kita telah menjadi "teknisi listrik yang inovatif dan bertaraf internasional", maka sasarannya adalah "terlahirnya generasi teknisi lokal yang  berkelas internasional untuk mewujudkan kemampuan bersaing dengan  karya yang bermanfaat dan mendunia".... atau....... tujuan akhir lain yang ingin anda capai.
Dalam menentukan sasaran, sering kali kita terjebak dalam kepentingan pribadi, sehingga sasaran yang kita tetapkan bukan menjadi sebuah tujuan akhir. Dan ini berakibat cita - cita tersebut tidak akan pernah tercapai, bahkan hanya menjadi sebuah catatan kehidupan / pajangan saja karena tujuan akhir tersebut belum mampu kita temukan. Karena sebaiknya sasaran yang kita tetapkan merupakan sebuah wujud tindakan mulia yang memiliki kepedulian sosial untuk membangun dan mengembangkan lingkungan sekitar kita.

So... ketiga defenisi sederhana di atas merupakan salah satu gaya " manajemen strategi " yang hingga saat ini digunakan oleh perusahaan, organisasi, institusi dan kelompok kerja lainnya. Namun, kenapa tidak... jika hal tersebut kita praktekkan dalam kehidupan pribadi kita. Kalau sebuah perusahaan yang memiliki visi, misi dan sasaran yang hebat bisa sukses......... kenapa kita tidak bisa !

Jadi, bulan ini sudah memasuki bulan ketiga tahun 2014, dan  tidak ada kata terlambat dari pada menyesal kemudian. Ayo tuliskan visi, misi dan sasaran pribadi anda. Kemudian simpanlah tulisan tersebut dan bacalah setiap hari. lakukan evaluasi diri agar setiap perjalanan hidup yang kita lalui tetap fokus untuk meraihnya.

Dan satu hal yang harus kita ingat, visi, misi dan sasaran bukanlah sebuah " batu " yang tidak bisa berubah. Lakukanlah evaluasi secara berkala...... dan rubahlah jika di tengah perjalanan mengalami  "skenario kehidupan" yang mentakdirkan kita untuk mengambil keputusan lain yang sangat berpengaruh dengan hampir semua rencana kehidupan anda sebelumnya.

Selamat mencoba !!

Salam Semangat Pagi.

Tidak ada komentar: