Rabu, 08 Oktober 2014

Positifku : Miliki 3 Kualifikasi ini...Sekarang !

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !!

Mencari nafkah yang penuh keberkahan baik untuk diri kita, keluarga, lingkungan serta tabungan masa depan sampai akhirat dapat kita lakukan dengan banyak cara. Bisa dengan berwiraswasta, bisnis maupun menjadi karyawan. Kita ambil contoh jika anda adalah seorang karyawan baik di perusahaan swasta maupun pemerintahan.
Persaingan menjadi karyawan di sebuah perusahaan bonafit saat ini cukup ketat dan sangat berkembang dengan pesat. Hampir semua calon karyawan pasti memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki fasilitas yang lebih dari cukup, penghasilan yang sangat memuaskan, lingkungan kerja  yang nyaman, sistem manajemen yang profesional bahkan lokasi kerja yang strategis dan masa depan (karir) yang sangat jelas. Dan jika anda sudah bekerja di perusahaan tersebut, Alhamdulillah……. janganlah pernah melupakan tangung jawab kepada lingkungan anda. Namun bagaimana jika anda belum mendapatkan perusahaan seperti di atas ?
Nah... berdasarkan sharing saya dengan beberapa sahabat HRD, Pengusaha, Direktur dan konsultan SDM....akan saya sampaikan 3 kualifikasi yang paling dicari perusahaan saat ini.

1. Skill Utama Anda adalah Passion Anda
    Saat ini, calon karyawan yang paling dicari adalah seorang pekerja yang memiliki skill (ketrampilan) utamanya yang juga menjadi passionnya (aktifitas yang dilakukan penuh semangat dari dalam diri). Misalkan, skill (ketrampilan) anda adalah di bidang akunting yang mengerjakan laporan keuangan, dan aktifitas ini adalah benar – benar pekerjaan “ anda banget “ ……bahkan tidak dibayar lembur sekalipun, anda siap mengerjakannya dengan semangat dan sepenuh hati. Dan begitu juga dengan skill yang lainnya. Sehingga kalau ada orang lain bertanya mengenai pekerjaan tersebut, saya jamin…. keterangan dan data yang anda sampaikan diluar kepala dan melebihi dari harapan si “penanya “ tadi.

2. Sertifikasi Kompetensi Skill Utama Anda ( Pendidikan Formal maupun Non Formal)
Pendidikan adalah salah satu kualifikasi yang menjadi indikator penerimaan calon karyawan baru. Biasanya pendidikan tersebut selalu melekat dengan posisi / jabatan yang di cari oleh perusahaan. Misalkan untuk menjadi seorang staf IT pendidikannya harus S1 Teknik Informatika, Cleaning Service pendidikannya harus SLTA sederajat, Operator Mesin pendidikannya D1 / D2 / D3 Politeknik mesin, Supervisor /  Manager pendidikannya harus S2, dan lain – lain. Nah …jika anda ingin memenangkan persaingan untuk hal ini…..yang  harus anda miliki adalah pendidikan anda sesuai dengan skill anda, ditambah dengan perangkat pendidikan penunjang yang lain. Misalkan anda seorang pekerja akunting, pendidikan anda adalah S1 Akunting, ditambah lagi dengan beberapa sertifikat training /  seminar / workshop / kursus yang berhubungan dengan pekerjaan di akunting anda. Dan sertifikat – sertifikat tersebut memiliki nilai jual yang baik untuk penyempurna kompetensi anda. Jadi, kualifikasi ini biasanya menjadi salah satu sorotan utama untuk dapat mempertimbangkan “ nilai jual “ anda..

3. Menguasai Bahasa Asing
Bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Prancis, Jerman dan lain – lain biasanya menjadi salah satu kualifikasi yang diharapkan untuk dimiliki si calon karyawan baru. Jangan pernah sepelekan mengenai hal ini. Karena ini adalah salah satu indikator utama yang dapat menjadi bahan pertimbangan “ nilai jual “ anda jika anda memiliki dan menguasainya. Jika anda menguasai minimal 1 bahasa asing, itu sudah cukup mendongkrak “ harga “ anda di sebuah perusahaan, asalkan dengan syarat anda lulus kualifikasi yang lainnya. Tapi, sehebat – hebatnya anda dengan bahasa asing tersebut, jangan terlupa dengan tata cara berbahasa Indonesia anda harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan memiliki etika komunikasi yang menjadi salah satu budaya bangsa Indonesia. Jadi…… ayo….selain bahasa Indonesia, kuasai bahasa asing ya…
Dilain pihak kita sering menemukan pendidikan kita tidak sesuai dengan passion kita atau bahkan sebaliknya. Misalkan anda seorang Sarjana Ekonomi, namun skill dan passion anda adalah membangun IT Infrastruktur. Atau anda bekerja menjadi staf keuangan, namun skill dan passion anda adalah di bidang pemasaran karena anda lulusan Sarjana Manajemen Marketing.

Ketiga hal di atas jika anda miliki, anda akan memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan persaingan dengan nilai jual yang “ mahal”. Jika anda hanya memiliki dua kualifikasi saja, cukup dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk dapat menerima anda . Dan jika anda hanya memiliki satu saja, sudah pasti anda akan memenangkan persaingan jika pencari kerja yang lain sama sekali tidak memiliki kualifikasi di atas.
Jadi, di training saya  “ Motivasi Kesuksesan “  sebuah kenyataan dan kesadaran hidup dapat anda kupas sendiri karena anda saya bantu untuk menemukan passion yang sebenarnya. Passion adalah hobi, namun hobi belum tentu menjadi passion anda.

Jangan tunggu beberapa menit lagi, miliki 3 kualifikasi ini sekarang ! Dan bagi anda yang ingin konsultasi untuk menemukan passion anda, silahkan ketik SMS ( Nama Lengkap / Alamat  / Pekerjaan / Nama Ibu kandung ) ke:
·         082299257566  (Only SMS)
·         Dan tunggu konfirmasi dari kami
InsyaAllah hari ini lebih baik dari kemarin  dan hari esok lebih baik dari hari ini.
Salam Positifku !