Jumat, 23 Oktober 2015

Positifku : Menjadi Hebat Di Saat Terhambat

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi.

Saat ini banyak perusahaan khususnya di Indonesia yang mengalami krisis keuangan dan lingkungan kerja.
Mari saya sharingkan secara singkat mengenai keduanya.

1. Krisis Keuangan.

Hampir seluruh perusahaan di Indonesia saat ini sedang mengalami masa sulit terutama mengenai kondisi keuangan. Hal ini  berdampak dengan  kualitas dan kekuatan SDM yang ada di dalam perusahaan. Apalagi seluruh manajemen dan tim keuangan perusahaan adalah orang yang paling merasakan betapa besarnya dampak krisis tersebut dalam pekerjaan mereka. Kondisi sulit dalam perekonomian global juga berdampak kepada Cash Flow perusahaan. Alhasil, pembayaran dan penagihan akan keluar dan mundur dari jadwal, dan hal ini memaksa perusahaan untuk mengambil tindakan cepat dalam penyelamatan operasional dan pembiayaan internal.

Perusahaan yang memiliki modal "kuat" akan bertahan lama dalam menghadapi masa sulit ini. Dan perusahaan yang " Pas -Pasan" akan mulai merencanakan untuk membuka "rekening pinjaman baru" bahkan menjual "aset maupun perusahaan" yang ada.
Pertanyaan saya... Saat ini anda berada di perusahaan yang mana ? Apakah yang bermodal kuat atau pas-pasan ?
Silahkan anda menentukan pilihannya sekarang ! Apakah anda menjadi karyawan yang BERTAHAN DAN TETAP PROFESIONAL, atau PERGI DAN MENCARI PELUANG BARU.

2. Krisis Lingkungan

Kondisi sulit seperti ini,  kawan - kawan HRD di perusahaan manapun sebaiknya membuka kembali hasil test DISC yang pernah dilakukan kepada karyawannya. Apa maksudnya ? Saat ini sudah pasti di lingkungan perusahaan manapun yang terkena dampak krisis akan mengalami "Kegalauan tingkat rendah hingga tingkat tinggi". Karyawan yang memiliki kemampuan memberikan pengaruh (Hasil Test DISCnya "I") secara positif akan mampu memberikan dan menetralkan kondisi kegalauan yang terjadi. Namun jika terjadi sebaliknya, bersiap -siaplah perusahaan akan mengalami Turn Over yang sangat tinggi.
Memang sangat normal sekali  jika saat ini  masih terjadi "kegalauan "  di lingkungan kerja. Karena setiap karyawan akan kembali ke 'BASIC" yaitu  bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga. Nah... jika di tempat kerjanya terjadi kesulitan keuangan,  sudah pasti keraguan mulai muncul sedikit demi sedikit.

Dan apa 1 hal kecil yang saya lakukan ?
Yang saat ini saya lakukan adalah Mencari karyawan "I" untuk bersama -  sama memberikan pandangan positif bahwa perusahaan pasti melakukan yang terbaik kepada seluruh karyawannya. Silahkan kawan - kawan HRD menggunakan metode apapun untuk dapat mengumpulkan karyawan "I". Dan seluruh karyawan "I" tersebut harus di mentoring secara positif dan berkelanjutan oleh perwakilan Manajemen yang menjadi Pilot Projectnya.

Namun..... sebaik apapun usaha yang kita lakukan.... kita harus siap dengan Turn Over tersebut. Karena setiap karyawan memiliki Hak untuk menentukan pilihannya. Akan tetapi, ada satu hal positif yang dapat kita petik dalam keadaan seperti ini : "SIAPAPUN KARYAWAN YANG MASIH PROFESIONAL DAN TETAP BERJUANG DI PERUSAHAAN, MAKA MEREKALAH KARYAWAN YANG AKAN MENJADI HEBAT DI SAAT TERHAMBAT".



Salam Positifku ...