Jumat, 20 November 2015

Positifku: Latihan Bawa Bontot Yuk ...

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !

Kali ini temanya sangat berbeda dengan tulisan saya sebelumnya. Tidak ada korelasi khusus dengan pekerjaan. Namun memiliki makna "Motivasi Yang Sangat Positif" untuk menjaga keseimbangan kondisi psikologis kita setiap hari.

Bawa Bontot Yuk...

Ini adalah ajakan dari saya kepada Anda semua. Dan saya yakin anda juga sudah pernah atau bahkan dari dulu hingga saat ini selalu bawa bontot dari rumah. Bontot yang saya maksud adalah berbentuk makanan. Baik makanan berat (nasi+lauk pauk) maupun makanan ringan (snack/kue/dll). Bontot tidak selalu kita bawa di saat bekerja. Bisa jadi ketika berlibur, nonton, menghadiri pertemuan dan masih banyak kegiatan lainnya.

Membawa bontot berarti sudah melakukan satu hal yang sangat positif untuk pribadi anda. Karena saya yakin "Anda sudah memiliki kemampuan perencanaan yang cukup baik". Bisa saja anda tidak membawa bontot jika ingin bepergian. Dan bagi saya hal tersebut juga sangat positif. Karena saya yakin anda sudah punya rencana untuk membeli makanan di sela-sela waktu anda.
Lalu...apa perbedaan bawa bontot dengan tidak membawa bontot ?

Baik para guru dan sahabatku....

1. Tidak membawa bontot.
Anda harus menyisihkan waktu anda untuk membeli makanan. Anda akan berhadapan dengan sesuatu yang bisa saja tidak sesuai dengan harapan anda (seperti : makanannya habis, harganya mahal, rasanya kurang sesuai, tidak ada waktu, ada janji yang lain, dll) Dan percayalah...hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan motivasi dan psikologis anda pada saat itu. Jika yang anda alami sesuai atau melebihi dari harapan Anda, berarti anda mampu mengelola psikologis dan motivasi anda pada saat itu. Dan jika sebaliknya, besar kemungkinan akan mempengaruhi "mood' anda hingga terlelap tidur.

2. Membawa Bontot.
Beberapa waktu sebelumnya anda pasti sudah merencanakan makanan apa yang akan dibawa. Anda akan menyesuaikan dengan selera maupun keinginan anda pada saat itu. Anda akan butuh effort yang lebih karena beban yang akan anda bawa akan semakin berat dan bertambah. Namun secara psikologis, anda sudah sangat siap dengan lingkungan yang bisa saja membuat anda merasa nyaman maupun sebaliknya.

Kedua hal di atas bisa jadi pernah kita alami. Tapi yang perlu kita garis bawahi adalah, kita adalah manusia. Jika belum memiliki kemampuan motivasi diri yang cukup kuat, bisa saja karena hal sepele membuat motivasi anda pada hari tersebut sangat tidak baik. Dan pasti akan sangat berdampak dengan kondisi psikologis anda. Jadi, satu hal sederhana dengan membawa bontot, sebenarnya sebuah "latihan" agar kita semua mampu secara mandiri mengembangkan kekuatan motivasi diri. Karena, ketika anda sudah memiliki motivasi yang kuat, baik membawa atau tanpa membawa bontot, saya yakin anda akan tetap melalui hari tersebut tanpa menurunkan motivasi anda, bahkan mampu meningkatkan motivasi dan kondisi psikologis anda.  Alhasil.....anda  akan menjadi insan yang berpengaruh secara positif di lingkungan.

Demikian sharing hari ini. InsyaAllah bermanfaat untuk kita semua.

Salam Positifku.