Jumat, 25 April 2014

Positifku : Jangan Tutup Dirimu

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.


Semangat Pagi !!!

Salam Semangat Pagi untuk kita semua, semoga hari - hari yang kita lalui diawali dengan rasa syukur pada-Nya dan dibakar dengan api semangat pagi.
Saya adalah salah satu pecinta musik jenis lagu romantis alias melankolis. Tahun 1997 saya sangat kagum dengan oleh vokal dan keindahan lirik lagu dari band senior kita STINKY. Saat ini siapa yang tidak kenal Stinky, apalagi salah satu mantan vokalnya hampir setiap hari kita lihat tampil di salah satu acara di stasiun TV swasta.
Sebenarnya ada apa dengan Stinky ? Hampir semua lagunya sangat saya suka, dan salah satu judul lagu yang sampai saat ini  membakar semangat saya adalah Jangan Tutup Dirirmu.
Judul lagu tersebut seolah - olah tertuju kepada siap saja yang mendengarnya, termasuk saya. Pesan moral yang saya dapatkan adalah kita diminta untuk tidak menutup diri. Dan ada 3 hal yang bisa saya sharingkan pesan moral yang sangat positif tersebut :

1. Jangan Tutup Dirimu untuk-Nya
Setiap hari kita dituntut untuk wajib melakukan kebaikan. Dan diselang - selang proses tersebut konsistensi kita terkadang berbelok menuju jalan yang tidak senada dengan ajaran agama kita. Sebagai seorang muslim, hati yang beriman adalah hati yang selalu terbuka untuk berdoa kepada Allah SWT. Dia adalah Zat yang sama sekali tidak terlihat. Dia ada di dalam hati kita. Sholat 5 waktu adalah salah satu bentuk nyata bahwa kita seyogyanya menjalankan dengan ikhlas, mengangkat kedua tangan kita dan berdoalah memohon ampun kepada-Nya. Kita adalah salah satu makhluk ciptaannya yang paling sempurna. Kita memiliki derajat yang paling tinggi dari binatang, karena binatang hanya diberikan hawa nafsu. Dan kita lebih tinggi derajatnya dari malaikat, karena malaikat hanya di berikan akal dan pikiran saja. Dan manusia dianugerahkan akal pikiran dan hawa nafsu, sehingga manusialah yang memiliki kesempurnaan dan cobaan yang harus dijalani selama hidupnya.
Segala sesuatu yang terjadi harus kita kembalikan lagi kepada-Nya. Kesenangan, tangis, tawa, penyakit, prestasi. jabatan, masalah, keluarga, sahabat, perpisahan, kehancuran, bencana, dan  kesehatan merupakan anugerah dari-Nya. Maka ketika kita merasakan hal tersebut, ucapkanlah "ALHAMDULILLAH" karena kita harus percaya, dibalik sebuah peristiwa, ada rahasia ALlah yang akan datang menghampiri kita. Jadi, jangan tutup diri kita untuk memohon ampun dan berdoa kepada-Nya. Allah ada di hati kita, dan Allah adalah Tuhan kita dan tiada tuhan selain Allah.

2. Jangan Tutup Dirimu untukmu
Hal ini sebaiknya kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Cara yang paling sederhana adalah mari kita bercermin dan pandangilah paras wajah dan tubuh kita seutuhnya. Lalu tanyakan kepada diri kita, Sudahkah saya melakukan yang terbaik untuk kehidupanku ?
Silahkan jawab masing - masing. Dan jika kita mau jujur, 24 jam waktu yang kita lewati setiap hari, berapa jamkah yang kita pakai untuk istirahat ? Berapa jamkah yang kita pakai untuk bekerja ? Berapa jamkah yang kita pakai diperjalanan ? Berapa jamkah yang kita pakai untuk teman ? Berapa jamkah yang kita pakai untuk keluarga ? Berapa jamkah yang kita pakai untuk beribadah ? Berapa jamkah yang kita pakai untuk intropeksi diri ? Dan masih banyak lagi yang bisa kita tanyakan.
Begitu sibuknya kita sebagai manusia yang terkadang membuat kita hanyut dalam sebuah rutinitas yang kita lakukan berulang - ulang. Selain melakukan kebaikan, hal ini akan berdampak negatif untuk masa depan kita. Kita memang terlihat ahli dalam melakukan sesuatu, tetapi sebenarnya kita hanya bergerak statis dalam sebuah tempat terpencil. Dunia dan alamnya setiap detik akan mengalami perubahan dan terus berubah. Kita harus pandai mengatur waktu. Jadikan 24 jam sehari ini menjadi sebuah kesempatan yang tidak akan terulang kembali dengan membuka diri untuk berkembang dan siap menuju perubahan. Jangan tutup diri kita untuk kita. Berkembanglah dengan positif. Perbanyak tindakan yang menuntut anda menuaikan keberkahan. Bisa dengan belajar di Majelis Ta'lim, berkumpul dengan orang soleh dan berilmu, mengikuti pelatihan pengembangan diri, menghadiri kegiatan - kegiatan positif, bersilaturrahmi dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan. So....jika kita ingin menuju perubahan yang positif dan tidak bergerak statis di tempat terpencil.....Jangan Tutup Dirimu Untukmu.

3. Jangan Tutup Dirimu Untuk Mereka
Siapakah mereka yang saya maksud ?  Mereka adalah lingkungan kita. Mereka adalah keluarga, saudara kita, sahabat, binatang, tumbuhan, sungai, laut, tanah, dan seluruh isi bumi ini. Ketika kita sudah menjadi pribadi positif yang hebat dengan selalu terbuka kepada Allah SWT dan terbuka untuk mau berubah menjadi yang lebih baik, masih belum lengkap jika kita melewatkan waktu dan perhatian kita kepada mereka. Kita masih dinilai sangat sombong dan egois jika belum mampu membuka diri untuk mereka. Belajarlah menjadi seorang yang Romantis. Romantis bukan hanya untuk pasangan kita, mereka pun wajib mendapatkan hal yang sama. Sayangilah keluarga kita, sayangilah, saudara kita, sayangilah, sahabat kita, sayangilah seluruh ciptaan-Nya, karena bagaimanapun juga kehidupan kita bergantung kepada mereka.
Mereka yang membuat kita menjadi hebat, mereka yang membuat kita menjadi hidup, dan mereka yang membuat kita menjadi orang -orang yang beriman. Jangan pelit untuk mengangkat tangan kita di atas, karena memberi adalah sesuatu perbuatan yang lebih baik dari menerima. Dan jangan tutup diri kita untuk memaafkan segala kesalahan mereka. Karena yakinlah, setiap cobaan yang diberikan kepada kita, salah satu penyebabnya adalah diri kita sendiri. Apapun bentuk tindakan kita akan dibalas oleh Allah SWT. Jika itu kebaikan maka akan dilimpahkan keberkahan, dan jika itu keburukan akan dilimpahkan azab.
Jangan tutup dirimu untuk mereka. Cepat lakukan intropeksi diri mulai sekarang. Ciptakanlah kedamaian meski itu hanya kita sendiri yang melakukan. Betapa indahnya jika seluruh manusia sadar dan peduli dengan lingkungan yang penuh kebaikan dan kedamaian.

Ketiga hal di atas adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan setiap hari. Segeralah kita menuju perubahan. Jangan menutup diri kita untuk-Nya, untuk diri sendiri, dan untuk mereka. Semua makhluk di bumi ini diciptakan berpasang - pasangan. Jangan lihat berapa banyak orang lain melakukan ketiga hal di atas. Mari kita lakukan di lingkungan keluarga kita sendiri. Karena jika seluruh keluarga melakukan hal yang sama, maka seluruh umat di dunia akan mendapatkan keberkahan dari-Nya.

So....lagu Jangan tutup dirimu memberikan kita analogi kebaikan untuk melakukan perubahan hidup.
InsyaAllah kita semua melakukan 3 hal positif  untuk selalu membuka diri kepada-Nya, kepada diri sendiri dan kepada mereka.

Salam Semangat Pagi !

Tidak ada komentar: