Selasa, 22 Juli 2014

Positifku : Strategi Jitu Melawan Kebosanan !!

Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh.

Semangat Pagi !!

Impian seorang pelajar adalah mendapatkan nilai terbaik dan masuk ke perguruan tinggi favorit serta mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan dan bergaji tinggi untuk saat ini sudah tidak populer lagi. Saya punya alasan yang sangat kuat untuk menjelaskan sedikit, karena belum tentu pekerjaan tersebut nihil dari rasa kebosanan yang sedikit demi sedikit menimbulkan penyesalan di masa tua nanti Dan ini adalah hasil pengalaman saya menjadi trainer semenjak 5.5 tahun yang lalu.

Sebelum menjadi trainer, saya pernah bekerja di salah satu perusahaan retail ternama di Indonesia selama 7 tahun, dan saya selalu bertemu dengan konsumen antara 250 - 600 orang setiap harinya. Pada waktu itu saya hanya dituntut untuk menjadi pegawai toko yang mengelola, menjual dan melayani para konsumen yang datang berbelanja. Bagi saya itu pekerjaan yang sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Tetapi saya masih belum puas dengan apa yang saya hasilkan hingga cenderung mengarah menjadi pekerjaan yang membosankan. Target tercapai bagi saya sudah menjadi hal yang biasa, dan saya  harus melakukan perubahan cara bekerja biagar saya merasa lebih nyaman dan lebih tertantang. Akhirnya saya pun melakukan evaluasi diri. Sebuah pertanyaan yang  saya berikan untuk diri sendiri  membuat saya termenung dan berpikir….. Apa pekerjaan yang paling saya sukai dan merupakan panggilan hati saya ? Ternyata saya menemukannya, ada sebuah pekerjaan yang membuat saya lupa waktu jika mengerjakannya, apalagi pekerjaan itu  merupakan panggilan hati saya dan saya sangat bergairah melakukannya, yaitu berkomunikasi dengan konsumen. 

Lalu apa hubungnnya dengan pekerjaan saya  ?
Konsumen bagi saya adalah peluang. Dimana setiap konsumen pasti memiliki pengalaman positif yang dapat menjadikan diri saya besar suatu saat nanti. Dan kesempatan ini tidak saya sia – siakan. Setiap hari saya selalu menyapa konsumen minimal hanya dengan mengucapkan “Selamat Pagi Pak” Terima Kasih Pak” Silahkan Datang Kembali “ karena disamping hanya berkomunikasi, saya punya misi khusus yaitu mempelajari prilaku mereka selama berada di dalam toko. Hari demi hari pun berlalu begitu cepat. Setiap target yang diberikan kepada saya serasa sebuah pekerjaan yang menyentuh hati saya bagian luarnya saja. Tetapi saya membuatnya mampu menyentuh lubuk hati terdalam, karena pekerjaan itu saya gabungkan dengan melakukan strategi dan teknik - teknik komunikasi di berbagai sisi  yang membuat saya lebih “enjoy.”

Ketika dipenghujung 7 tahun saya bekerja di operasional retail,  kemampuan saya berkomunikasi akhirnya dikompetisikan. Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan bergabung di Training Center di perusahaan yang sama. Sesaat melihat Job Desc. saya yang baru sebagai trainer,  saya membacanya dengan perlahan – lahan. Banyak pekerjaan baru yang cukup “asing” bagi saya. Tetapi saya punya strategi, agar yang saya kerjakan lebih “enjoy” seperti masih di operasional dahulu. Dan saya pun membuat 3 kolom sederhana sbb :

Semua Job Desc. saya perlakukan  sama. Saya mencari tahu dan menuliskan di buku pribadi saya  “ Bagaimana saya melakukan pekerjaan tersebut dengan cara yang lebih positif dan lebih proaktif sesuai dengan skill berkomunikasi ” Dan alhasil, alhamdulilah saya pun merasa sangat enjoy. Saya mengerjakan setiap pekerjaan dengan penuh gairah dan sepenuh hati. Hingga saat ini saya menjadi seorang Trainer, Motivator dan Personal Coach yang siap mencerdaskan dan memberikan perubahan positif terhadap etika dan kompetensi generasi bangsa Indonesia.

Lalu apa rahasia dibalik keberhasilan saya dalam mengalahkan kebosanan  dalam pekerjaan atau aktifitas sehari – hari ? Jawabannya adalah saya menemukan PASSION saya. Karena passion saya adalah berkomunikasi.
Dan 2 hukum passion bagi saya yang insyaAllah bisa menjadi contoh positif buat kita semua :

1.      Jika Passion saya sesuai dengan pekerjaan saya ?
“ Asah terus passionnya “
2.      Jika Passion saya tidak sesuai dengan pekerjaan saya ?
“Kolaborasi passion ke pekerjaan “

Jadi, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini akan terjadi kecuali kehendak Allah SWT. Kita manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Gunakan akal dan pikiran positif  kita  untuk siap melakukan perubahan dan pengembangan diri yang lebih baik…… Bersiaplah untuk meluangkan waktu …….dan lakukanlah sekarang !

Salam Semangat Pagi !!.


Hubungi : Sridwiningsih  ( 085218175656 )  untuk  :
-          Private Personal Coach
-          Training Motivasi Kesuksesan ( New Moduls 2014)